Home > Tips Sehat > 7 Tips Untuk Meningkatkan Stamina

7 Tips Untuk Meningkatkan Stamina

January 2, 2011

Jika Anda merasa lelah, berarti stamina anda menurun. Tapi, jangan terburu-buru untuk mengkonsumsi minuman energi atau stamina yang dijual di pasaran. Ada banyak cara alami untuk mengatasi.

Stamina, di mata kesehatan sangat penting karena perannya dalam upaya meningkatkan kondisi tubuh yang sehat, karena lebih hemat biaya dan membawa dampak yang lebih besar untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Sedangkan secara definitif, stamina bisa berarti kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan tugas pekerjaan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang signifikan dan masih memiliki energi luang untuk menikmati liburan dan untuk keperluan mendadak.

Berikut adalah 7 tips untuk menjaga dan meningkatkan stamina:

  1. Olahraga
    Menurut James Rippe, seorang ahli jantung dari Rippe Lifestyle Institute di Shrewsbury, Massachusetts, AS, olahraga terutama aerobik adalah obat terbaik untuk mengatasi kelelahan dan meningkatkan energi. Latihan aerobik seperti bersepeda, berenang dan lari akan memperkuat jantung sehingga lebih banyak oksigen ke seluruh tubuh.
  2. Minum banyak air
    Kurang cairan adalah penyebab kelelahan. Jika tubuh kekurangan cairan, darah mengental. Akibatnya aliran darah lambat dan butuh lebih banyak waktu untuk sel Anda untuk mendapatkan oksigen.
  3. Makan sedikit, tetapi sering
    Makan makanan bergizi dalam porsi kecil, tetapi sering. Makan porsi besar dapat menyebabkan gula darah meningkat. Hal ini membuat lebih banyak insulin diambil keluar dari tubuh. Kondisi ini akan menyebabkan terlalu banyak gula darah dikirim ke sel otot untuk disimpan. Ini adalah biang keladi kelelahan.
  4. Mengkonsumsi vitamin, mineral dan omega 3
    Dr Roberta Lee, Direktur Pusat Kesehatan dan Penyembuhan di Beth Israel menyarankan konsumsi multivitamin dan mineral untuk penderita kelelahan. Mengapa? vitamin antioksidan membantu menetralkan kerusakan dalam sel tubuh akibat serangan radikal bebas. Mineral mendukung kinerja hati dan ginjal dalam melakukan detoksifikasi tubuh. Omega 3 asam lemak membantu agar kerja setiap sel tubuh berjalan lancar.
  5. Mengubah kebiasaan
    Ketika aktivitas sehari-hari dapat diprediksi, mengubah kebiasaan. Hal ini dapat menyebabkan kebosanan. Coba dengarkan jenis musik baru, rute perjalanan baru ke kantor, atau chatting dengan orang-orang baru.
  6. Berikan prioritas
    Buatlah daftar hal yang paling penting dalam hidup, apa yang ingin Anda lakukan. Melakukan hal-hal yang tidak diinginkan, kata Tony Schwartz, penulis buku The Power of Full Engagement, akan menghabiskan energi.
  7. Istirahat
    Istirahat adalah sama pentingnya untuk meningkatkan stamina sebagai latihan apapun. Latihan yang berlebihan hampir selalu buruk, dan isitirahat dapat mengembalikan stamina anda kembali.
About these ads
Categories: Tips Sehat Tags: , ,
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.