Home > Kanker > Apa itu Kanker? Apa Penyebab Kanker?

Apa itu Kanker? Apa Penyebab Kanker?

March 7, 2011

Kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan abnormal sel-sel jaringan tubuh. Sel-sel kanker tumbuh dengan cepat, tidak terkendali, dan terus membelah diri kemudian infiltrasi ke jaringan sekitarnya dan terus menyebar ke seluruh tubuh, darah jaringan, dan menyerang organ-organ vital dan sumsum tulang belakang.

Dalam keadaan normal, sel hanya akan membelah jika ada penggantian sel-sel yang telah mati. Sedangkan, sel-sel kanker akan terus membelah meskipun tubuh tidak membutuhkannya, sehingga terjadi penumpukan sel-sel baru, yang disebut tumor ganas. Sel menumpuk akan merusak jaringan normal, sehingga mengganggu organ-organ yang mereka tempati.

Kanker bisa terjadi diberbagai jaringan dalam organ pada setiap bagian tubuh, mulai dari kaki ke kepala. Jika kanker terjadi di permukaan tubuh, akan mudah terdeteksi dan disembuhkan. Tetapi jika ada di dalam tubuh, kanker akan sulit untuk dideteksi dan kadang-kadang tidak memiliki gejala. Meskipun mengalami gejala, biasanya sudah stadium lanjut yang sulit untuk diobati.

Banyak jenis kanker disebabkan oleh faktor lingkungan seperti merokok, penyalahgunaan alkohol, paparan sinar matahari, dan gizi buruk. Dengan mengetahui apa yang penyebab kanker adalah langkah pertama dalam pencegahan kanker. Jadi bisa mengurangi kemungkinan terkena kanker.

Penyebab kanker dan faktor resikonya

  • Faktor Genetik
    Faktor genetik menyebabkan beberapa keluarga mempunyai risiko tinggi terkena kanker tertentu dibandingkan dengan keluarga lain. Jenis kanker yang cenderung diwariskan dalam keluarga adalah kanker payudara, kanker ovarium, kanker usus dan kanker kulit. Sebagai contoh, risiko bagi perempuan menderita kanker meningkat 1,5 sampai 3 kali jika ibunya atau saudara perempuannya menderita kanker payudara.
  • Faktor Lingkungan
    – Rokok meningkatkan risiko terjadi kanker paru-paru, mulut, laring, dan kanker kandung kemih.
    – Ultraviolet (UV) cahaya dari matahari
    – Radiasi ionisasi yang digunakan dalam x-ray dapat merusak sel-sel normal dan meningkatkan resiko kanker payudara, tiroid, dan kanker paru-paru.
  • Makanan yang mengandung bahan kimia
    Makanan juga merupakan faktor risiko penting penyebab kanker, terutama kanker pada saluran pencernaan. Beberapa makanan yang dapat menyebabkan kanker adalah:
    – Makanan berkolesterol tinggi terbukti faktor risiko untuk beberapa jenis kanker seperti kanker rahim, kanker kolorektal (kanker usus besar) dan kanker prostat.
    – Minuman yang mengandung alkohol menyebabkan risiko tinggi untuk kanker kerongkongan.
    – Zat pewarna makanan.
  • Faktor Psikologis
    Stres berat dapat menyebabkan gangguan keseimbangan. Situasi tegang bisa mempengaruhi sel-sel, dimana sel-sel menjadi hiperaktif dan berubah karakternya menjadi ganas, sehingga menyebabkan kanker.
  • Virus
    Virus yang dapat menyebabkan kanker, termasuk:
    – Papillomavirus menyebabkan kutil kelamin mungkin merupakan salah satu penyebab kanker serviks pada wanita.
    – Cytomegalovirus penyebab sarkoma Kaposi (kanker dari sistem pembuluh darah yang ditandai dengan lesi kulit merah)
    – Virus Hepatitis B dapat menyebabkan kanker hati.
    – Retrovirus pada manusia seperti virus HIV menyebabkan limfoma dan kanker darah lainnya.
About these ads
  1. No comments yet.
Comments are closed.
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.