Home > Tips Sehat > 4 Cara Sederhana Untuk Menurunkan Kolesterol LDL

4 Cara Sederhana Untuk Menurunkan Kolesterol LDL

January 27, 2012

Kolesterol LDL atau dikenal sebagai kolesterol jahat adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung. Untungnya, tidak seperti faktor risiko lain, kadar kolesterol LDL dapat dikontrol atau diturunkan jika sudah tinggi. Dalam keadaan normal, kadar kolesterol LDL harus di bawah 200 mg/dL. Jika kadar LDL anda lebih tinggi dari itu, maka kadar LDL anda tergolong tinggi dan harus diturunkan untuk mencegah risiko penyakit jantung.

Ada banyak obat kolesterol yang tersedia di pasaran untuk mengurangi kolesterol jahat, spesialis perawatan kesehatan Anda dapat menggunakan terapi TLC (therapeutic lifestyle changes) untuk melihat kadar LDL Anda sebelum pengobatan diperlukan. Jadi, baik Anda ingin mencegah kolesterol LDL dari peningkatkan atau mengurangi kolesterol LDL Anda, metode berikut telah terbukti membantu:

  1. Turunkan berat badan
    Memiliki berat badan yang tinggi tidak hanya menempatkan Anda pada risiko untuk penyakit jantung dan masalah kesehatan lainnya, tetapi juga berhubungan dengan tingkat LDL yang tinggi. Penelitian telah menunjukkan bahwa dengan menurunkan berat badan (5% sampai 10%) dapat membantu menurunkan kadar LDL.
  2. Olahraga
    Olahraga tidak hanya baik untuk menurunkan berat badan, tetapi juga membantu menurunkan kadar kolesterol terutama kolesterol “jahat”. Olahraga aerobik, seperti jogging, lari, bersepeda, dan berenang terbukti bermanfaat dalam menurunkan kolesterol hingga 5% sampai 10%.
  3. Berhenti Merokok
    Berhenti merokok tidak hanya memiliki dampak positif bagi kesehatan, tetapi juga membantu menurunkan kadar kolesterol LDL. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa berhenti merokok dapat menurunkan kadar kolesterol LDL hingga sekitar 5%. Penelitian juga menunjukkan bahwa tingkat kolesterol LDL akan berkurang segera setelah Anda berhenti merokok.
  4. Batasi konsumsi Minuman beralkohol
    Konsumsi alkohol pada batasnya tidak hanya meningkatkan kadar kolesterol HDL, tetapi juga dapat menurunkan kolesterol LDL hingga 4 sampai 8 persen. Batasan minuman alkohol bagi wanita adalah satu gelas sehari, dan dua gelas per hari untuk pria. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa minum lebih dari tiga minuman beralkohol sehari dapat meningkatkan resiko terkena penyakit jantung.

Gaya hidup kita memainkan peran penting dalam menentukan kesehatan yang kita inginkan. Satu hal yang harus diingat adalah untuk selalu menjaga keseimbangan antara diet, kesenangan dan kebugaran.

Sumber: 4 Simple Ways To Reduce LDL Cholesterol

Categories: Tips Sehat Tags: ,
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: