Home > Makanan Kesehatan > 20 Makanan Yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

20 Makanan Yang Dapat Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

November 7, 2012

Tekanan darah tinggi atau dikenal sebagai hipertensi merupakan faktor risiko utama untuk serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, perlu bagi kita untuk mencegah tekanan darah tinggi dengan menjaga tekanan darah dalam rentang normal.

Tekanan darah normal adalah 120/80 mmHg. Jika tekanan darah Anda adalah antara 120/80 mmHg dan mmHg 139/89, maka itu adalah prehipertensi, yang berarti Anda tidak memiliki hipertensi tetapi kemungkinan besar Anda akan mengalaminya. Jika di atas mmHg 140/90 maka itu adalah hipertensi.

Ada banyak cara yang dapat membantu Anda untuk mengurangi tekanan darah tinggi seperti olahraga, kontrol berat badan, dan menghindari rokok. Tapi jangan lupa apa yang kita makan juga mempengaruhi tekanan darah kita. Dengan memasukkan beberapa makanan di bawah ini ke dalam menu makanan Anda, tidak hanya dapat mengurangi tekanan darah tinggi tetapi juga dapat meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan.

  1. Wortel
    Wortel sangat tinggi akan kalium dan beta-karoten yang terbukti dapat mengurangi tekanan darah tinggi. Jus wortel membantu menjaga tekanan darah normal dengan mengatur fungsi jantung dan ginjal.
  2. Alpukat
    Asam oleat dalam alpukat dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Mereka juga mengandung potasium dan folat, yang keduanya penting bagi kesehatan jantung.
  3. Pisang
    Buah ini tidak hanya bisa meningkatkan energi tetapi juga berguna dalam mencegah penyakit jantung. Studi menunjukkan bahwa satu pisang sehari sudah cukup untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi.
  4. Brokoli
    Brokoli juga dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi serta penyakit jantung dan risiko stroke.
  5. Kubis
    Kubis tinggi akan senyawa kimia yang disebut asam glutamat, dimana dapat membantu dalam mengurangi tekanan darah. Asam glutamat adalah asam amino yang paling umum dan menyumbang hampir seperempat dari protein nabati dan hampir seperlima dari protein hewani.
  6. Seledri
    Seledri telah lama digunakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Sebuah penelitian membuktikan bahwa makan empat batang seledri setiap hari dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Namun, seledri mengandung senyawa natrium dan lainnya yang mungkin memiliki efek samping ketika sejumlah besar tertelan.
  7. Coklat murni
    Coklat murni tidak hanya lezat, tetapi juga baik untuk kesehatan kita. Sebuah penelitian baru menemukan bahwa makan coklat murni setiap hari dapat menurunkan tekanan darah sistolik sampai 2.9mm Hg dan diastolik 1.9mm Hg. Kunci dari efek coklat murni adalah flavanols yang hadir dalam kakao. Namun tidak semua coklat bisa, Anda perlu membeli coklat murni yang memiliki 60 sampai 70 persen kakao.
  8. Bawang putih
    Makan satu siung bawang putih per hari ditemukan memiliki efek menguntungkan pada pengendalian hipertensi. Dalam sebuah penelitian ditemukan, orang dengan tekanan darah tinggi ketika diberi satu siung bawang putih setiap hari selama 12 minggu, tekanan darah dan kadar kolesterol mereka berkurang secara signifikan.
  9. Bawang bombai
    Seperti bawang putih, bawang bombai juga berguna dalam mengelola hipertensi. Senyawa Sulfur yang terkandung dalam bawang telah terbukti mengurangi tekanan darah tinggi. Hal ini tidak mengherankan karena bawang adalah sepupu dari bawang putih.
  10. Kentang
    Manfaat kesehatan dari kentang sering diabaikan karena biasanya disajikan dengan cara yang tidak sehat, seperti kentang goreng, atau keripik kentang. Namun pada kenyataannya, kentang merupakan sumber serat dan kalium yang telah terbukti dapat membantu mengurangi tekanan darah tinggi.
  11. Bayam
    Bayam tinggi dengan magnesium dan potasium, yang tidak hanya menawarkan perlindungan terhadap jantung, tetapi juga dapat mengurangi tekanan darah. Selain itu, folat dalam bayam dapat melindungi tubuh dari homosistein. Penelitian telah menunjukkan bahwa kelebihan homosistein dapat menyebabkan serangan jantung dan stroke.
  12. Biji bunga matahari
    Biji bunga matahari mengandung pitosterol, yang dapat mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh. Namun, pastikan bahwa Anda menggunakan biji bunga matahari segar.
  13. Kedelai
    Isoflavon yang ditemukan dalam kedelai telah terbukti memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh manusia. Salah satunya adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dan tekanan darah.
  14. Tomat
    Tomat merupakan sumber yang sangat baik dari kalium yang dikenal efektif untuk mengurangi tekanan darah tinggi.
  15. Kunyit
    Kunyit merupakan salah satu rempah yang sangat populer dalam masakan Arab. Sebuah senyawa yang disebut crocetin dalamnya diketahui dapat mengurangi tekanan darah.
  16. Bumbu-bumbu
    Bumbu seperti lada hitam dan kemangi memiliki bahan-bahan aktif yang bermanfaat dalam menurunkan hipertensi.
  17. Ikan salmon
    Salmon tinggi akan asam lemak omega 3 yang membantu untuk mengurangi tekanan darah, menurunkan kadar kolesterol dan dengan demikian mengurangi risiko serangan jantung dan stroke.
  18. Susu Skim
    Selain sebagai sumber protein yang baik, susu skim juga mengandung kalsium dan vitamin D, dua nutrisi yang bekerja sebagai tim untuk membantu mengurangi tekanan darah hingga 3 sampai 10 persen.
  19. Gandum
    Gandum mengandung beta-glucan yang telah terbukti mengurangi tekanan darah dan kadar kolesterol.
  20. Teh hijau
    Banyak bukti yang menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu mengurangi risiko tekanan darah tinggi. Sebuah studi yang dilakukan di Taiwan menemukan bahwa orang yang minum setidaknya 20 ons (600 ml.) Teh hijau setiap hari selama satu tahun memiliki risiko 65% lebih rendah memiliki tekanan darah tinggi daripada mereka yang tidak meminumnya.

Source: 20 foods that lower high blood pressure

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: