Home > Keracunan Makanan > Penyebab Terjadinya Keracunan Makanan

Penyebab Terjadinya Keracunan Makanan

November 22, 2012

Keracunan makanan adalah suatu kondisi yang terjadi akibat dari konsumsi makanan atau air yang terkontaminasi. Kondisi ini tergolong ringan untuk kebanyakan orang, tetapi kadang-kadang dapat menyebabkan penyakit parah atau bahkan kematian.

Keracunan makanan sering terjadi akibat infeksi yang disebabkan oleh bakteri dari makanan yang tidak disimpan atau masak dengan benar.

Bakteri ada dimana-mana, di tanah, udara dan bahkan di makanan. Kebanyakan bakteri tidak berbahaya. Namun beberapa bakteri dapat menyebabkan keracunan makanan. Beberapa jenis bakteri yang dapat menyebabkan keracunan makanan adalah bakteri Campylobacter, Salmonella, dan Staphylococcus aureus.

Bakteri ini bisa terkandung pada makanan sejak awal atau terkontaminasi pada tahap berikutnya. Beberapa jenis makanan yang disukai bakteri meliputi: daging, unggas, produk susu, telur, makanan laut, nasi, dan salad buah.

Bakteri tersebut dapat tumbuh dengan cepat dalam makanan berisiko tinggi tersebut bila disimpan pada suhu antara 5°C dan 60°C. Orang-orang tertentu juga lebih berisiko terhadap keracunan makanan. Mereka adalah anak-anak, wanita hamil, dan orang tua.

Source: causes of food poisoning

  1. No comments yet.
Comments are closed.
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.