Home > Penyakit > Gejala Kanker Payudara

Gejala Kanker Payudara

January 2, 2011

Ada banyak gejala yang mungkin terjadi pada wanita ketika dia terkena kanker payudara. Semuanya itu biasanya mempengaruhi pada payudara secara langsung.

Benjolan atau penebalan mungkin terjadi pada payudara atau kelenjar getah bening di dekat ketiak. Meskipun beberapa dari gumpalan dan penebalan mungkin disebabkan perubahan hormon tetapi jika mereka tetap di setiap area, maka harus mendapat perhatian khusus.

Kelenjar getah bening biasanya membengkak saat tubuh sedang melawan invasi, sedangkan benjolan di jaringan payudara mungkin masalah yang dihasilkan di dalam saluran payudara atau lobus.

Perubahan yang signifikan dalam ukuran bentuk payudara biasanya merupakan gejala kanker payudara yang sangat umum. Apalagi jika hanya satu perubahan payudara. Perubahan ukuran atau bentuk payudara biasanya menunjukkan bahwa lobus atau saluran susu di payudara bengkak.

Hal ini bisa disebabkan oleh siklus hormon yang normal, tetapi jika perubahan itu tidak sinkron dengan perubahan berkala, maka itu adalah gejala utama kanker payudara.

Gejala utama lainnya adalah bocornya cairan dari puting susu. Meskipun mungkin terjadi karena perubahan hormonal, dan sekali lagi ini bukan masalah besar, tetapi jika jika terjadi kebocoran dari puting susu, ada baiknya lakukan tes untuk mengetahui penyebab pastinya.

Perubahan alami pada wanita mungkin berasal dari penuaan, yang dapat mempengaruhi bentuk dan ukuran puting. Namun, jika puting susu ditarik dan tidak mudah kembali ke bentuk aslinya adalah gejala utama kanker payudara. Seiring dengan perubahan dalam ukuran puting susu, bisa juga terjadi perubahan pada warna atau tekstur puting. Jika ada lesung atau bahkan ruam berkembang di bawah kulit puting, biasanya adalah gejala lain dari kanker payudara. Jika gejala-gejala tersebut tertangkap pada usia dini, dapat menyebabkan kondisi sembuh dari kanker payudara.

Sumber: Breast cancer symptoms

Categories: Penyakit Tags: , ,