Home > Perawatan Rambut > 5 Cara Alami Untuk Mencegah Rambut Rontok

5 Cara Alami Untuk Mencegah Rambut Rontok

January 7, 2011

Kehilangan rambut merupakan bagian dari hidup yang kebanyakan orang tidak inginkan. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang rontok rambut, Anda mungkin merasa khawatir ketika bangun suatu pagi menemukan bantal anda ditutupi dengan rambut, atau sikat rambut anda dipenuhi dengan rambut.

Jika ini terdengar seperti sesuatu yang Anda khawatirkan, maka Anda mungkin ingin tahu bagaimana mencegah masalah ini. Berikut adalah 6 tips yang dapat membantu Anda untuk mencegah masalah rambut rontok:

  1. Nutrisi yang seimbang
    Makan makanan yang mengandung protein, zat besi, dan nutrisi lain sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut. Karena rambut dibuat dari protein, makan makanan kaya protein sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Makanan berprotein tinggi meliputi telur, ayam, ikan, daging sapi, susu, dan kacang-kacangan.

    Makanan kaya zat besi seperti sayuran hijau berkontribusi pada pertumbuhan rambut yang sehat karena membantu membawa oksigen ke kulit kepala dan rambut. Nutrisi penting lainnya untuk rambut sehat adalah omega-3, yang memfasilitasi produksi hormon yang menyebabkan kulit kepala dan rambut sehat. Asam lemak omega-3 dapat ditemukan pada ikan tuna, salmon, mackerel, dan sarden, serta kacang-kacangan dan biji-bijian.

  2. Olahraga secara teratur
    Sama seperti diet Anda, olahraga memainkan peran penting dalam kesehatan tubuh dan rambut Anda. Hal ini memungkinkan lebih banyak darah untuk mencapai kepala dan kulit kepala Anda, meningkatkan aliran darah ke kulit kepala Anda, dan dengan demikian meningkatkan pertumbuhan rambut. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, anda harus berolahraga secara konsisten dan teratur.
  3. Pijat kulit kepala
    Memijat kulit kepala Anda akan membantu merangsang peredaran darah dan dengan demikian dapat menjaga rambut Anda tetap bergizi. Perlahan pijat kulit kepala dengan ujung jari Anda dalam gerakan melingkar. Untuk hasil optimal, gunakan minyak esensial, seperti minyak lavender, minyak almond, minyak zaitun dan minyak wijen, untuk memijat kulit kepala Anda. Pengobatan ini harus dilakukan satu atau dua kali seminggu.
  4. Mengurangi Stres
    Stres merupakan kontributor utama rambut rontok. Riset telah menemukan bahwa orang yang mengalami tingkat stres tinggi cenderung mengalami kerontokan rambut dibandingkan mereka yang tidak mengalami stress berat.

    Alasannya adalah ketika kita stres, tubuh memproduksi bahan kimia yang dapat mengganggu siklus normal rambut kita dan menyebabkan rambut rontok. Karena itu, menangani tingkat stres adalah cara yang baik untuk menjaga agar rambut tetap sehat.

  5. Lindungi Rambut Anda Dari Sinar Matahari
    Paparan sinar matahari yang terlalu lama dapat merusak rambut Anda dan menyebabkan rambut rontok. Jadi, ingatlah untuk memakai topi saat berada di bawah sinar matahari. Ini bahkan lebih penting lagi jika Anda memiliki rambut yang tipis, karena kurangya perlindungan terhadap kulit kepala anda.

Sumber: 6 Natural Ways to Stop Hair Loss and Regrow Hair

Advertisements