Home > Perawatan Rambut > 6 Tips Untuk Mencegah Rambut Rontok

6 Tips Untuk Mencegah Rambut Rontok

January 7, 2011

Kehilangan rambut merupakan bagian dari hidup yang kebanyakan orang tidak inginkan. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang rontok rambut, Anda mungkin merasa khawatir ketika bangun suatu pagi menemukan bantal anda ditutupi dengan rambut, atau sikat rambut anda dipenuhi dengan rambut.

Jika ini terdengar seperti sesuatu yang Anda khawatirkan, maka Anda mungkin ingin tahu bagaimana mencegah masalah ini. Berikut adalah 6 tips yang dapat membantu Anda untuk mencegah masalah rambut rontok:

  1. Sebuah keyakinan luas bahwa penggunaan bahan kimia pada rambut bisa menyebabkan rambut menipis dan akhirnya rambut rontok. Jika anda ingin memperbaiki tampilan rambut Anda melalui sarana kimia, tapi khawatir rambut rontok di masa depan, maka gunakanlah produk yang berlisensi saja. Jika Anda ingin cat rambut Anda, lakukan dengan frekuensi minimal enam atau delapan minggu sekali.
  2. Hal penting yang harus dilakukan adalah makan makanan sehat dan pastikan bahwa tubuh Anda mendapatkan vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Seringkali tubuh akan menunjukkan kesehatan yang buruk di folikel rambut dan kuku jari sebelum dan penyakit yang sebenarnya terdeteksi. Meskipun penting untuk mendapatkan cukup nutrisi yang baik, tetapi terlalu banyak mengkonsumsi satu jenis vitamin bukanlah hal yang baik. Sebagai contoh, terlalu banyak vitamin A dan E, akan terkait dengan rambut rontok.
  3. Jika penyakit terdeteksi, penting untuk menjaga kesehatan kebutuhan anda. Jika dokter Anda telah memberikan resep obat, ikutilah. Tidak mendengarkan saran dokter akan menyebabkan tubuh Anda untuk bekerja lebih keras hanya untuk tetap hidup, kulit kepala tidak akan punya cukup energey untuk menjaga folikel rambut tumbuh dan akhirnya akan menyebabkan rambut rontok. Ini adalah cara terbaik untuk mencegah rambut rontok.
  4. Gaya rambut Anda juga dapat menyebabkan rambut rontok. Jika perlu, hindarilah gaya ikat rambut yang harus ditarik ketat dan diikat dengan elastis untuk waktu yang lama. Sementara aksesoris rambut telah menjadi jauh lebih bersahabat selama beberapa tahun terakhir, gaya rambut seperti ekor babi, ekor kuda yang ketat, dan cornrows dapat menyebabkan kerusakan rambut dan menghambat folikel rambut.
  5. Menggunakan sarung bantal satin, diharapkan untuk mencegah rambut rontok karena fakta bahwa satin atau sarung bantal sutera akan menyebabkan gesekan kurang selama tidur dari sarung bantal katun. Hal ini karena kepala dan slide rambut di bantal bukannya yang perlu tegas mendorong disekitar.
  6. Penting untuk diingat bahwa bahkan dalam kondisi sehat, kita akan kehilangan antara 50 dan 100 rambut dari kepala setiap hari. Jika Anda merasa bahwa masalah rambut rontok itu normal, berbicara dengan dokter tentang kondisi Anda. Mereka akan dapat menentukan apakah rambut rontok adalah karena masalah medis atau usia, dan menuntun Anda ke perawatan yang tepat.

Sumber: 6 Tips to Prevent Hair Loss