Home > Makanan Kesehatan > 7 Jenis Makanan Bergizi Untuk Kesehatan Rambut

7 Jenis Makanan Bergizi Untuk Kesehatan Rambut

January 10, 2011

Tubuh manusia tidak dapat berfungsi dengan baik tanpa pasokan makanan yang tepat. Makanan berguna sebagai energi untuk seluruh tubuh, dan juga untuk  pertumbuhan rambut. Makan makanan yang tepat memungkinkan tubuh Anda untuk mendapatkan energi yang diperlukan untuk menjaga rambut Anda sehat dan juga untuk menjaga anda dari kehilangan rambut Anda.

Ada banyak nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan tubuh kita untuk memproduksi rambut baru. Jika kurang salah satu, poros rambut dapat menjadi lemah sehingga menyebabkan rambut rontok. Kadang, hanya mengubah diet Anda dengan memasukkan beberapa makanan bergizi dapat mengurangi jumlah pengguguran yang Anda alami.

Berikut adalah 7 makanan bergizi yang harus anda tambahkan dalam diet anda untuk mendapatkan rambut sehat:

  1. Daging
    Protein adalah bahan utama untuk pembentukan rambut anda dan daging merupakan sumber protein yang sangat penting untuk rambut sehat. Daging juga merupakan sumber zat besi yang paling mudah diserap, yang dibutuhkan untuk menciptakan hemoglobin yang membawa oksigen untuk pertumbuhan dan perbaikan semua sel tubuh termasuk sel-sel yang membentuk rambut. Jika Anda seorang vegetarian, Anda bisa mendapatkan protein melalui kacang-kacangan.
  2. Telur
    Telur juga kaya akan sumber protein dan vitamin B biotin, yang keduanya penting untuk kesehatan rambut. Kekurangan biotin dikaitkan dengan penipisan rambut, dan ini merupakan bahan umum dalam suplemen rambut.
  3. Kacang-kacangan
    Kacang-kacangan, seperti kenari dan kacang almond, adalah sumber biotin, omega-3, dan vitamin E yang sangat baik untuk rambut tebal dan kuat. Mereka juga mengandung inositol yang membantu menjaga akar rambut agar tetap sehat.

  4. Buah-buahan
    Buah-buahan, seperti apel, alpukat, buah beri, jeruk, kiwi, dan melon, menyuplai tubuh Anda dengan vitamin yang dibutuhkan untuk rambut kuat dan tebal. Pisang kaya dengan zat seng dan vitamin B yang penting untuk akar rambut. Nutrisi ini mengatur hormon yang memiliki pengaruh langsung pada pertumbuhan dan ketebalan rambut Anda.
  5. Sayuran
    Brokoli dan bayam adalah dua sumber vitamin A dan vitamin C yang baik, yang menghasilkan sebum. Sebum adalah zat berminyak yang disekresikan oleh kelenjar sebaceous yang membantu mencegah agar rambut dan kulit tidak mengering. Sayuran hijau ini juga dikemas dengan seng, asam folat, dan kalsium yang mencegah rambut rontok dan membantu dalam meningkatkan pertumbuhan rambut.
  6. Ikan
    Ikan, seperti ikan tenggiri dan salmon, kaya akan asam lemak Omega-3, yang dibutuhkan untuk mendukung kesehatan kulit kepala dan kekurangan yang dapat menyebabkan kulit kepala kering. Kaya akan protein dan vitamin D, ikan tuna merupakan ikan lain yang sangat baik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut sehat.
  7. Gandum utuh
    Gandum utuh tidak hanya menyediakan energi bagi tubuh anda, namun juga membantu menjaga warna rambut alami untuk membantu terciptanya melatin yang dapat membantu mencegah rambut rontok. Gandum utuh mengandung mineral penting untuk pertumbuhan rambut, seperti fosfor, potassium, dan magnesium. Gandum bisa dikatakan sebagai makanan super untuk rambut.

Sumber: Best Foods for Healthy Hair

Advertisements
Categories: Makanan Kesehatan Tags: , ,