Home > Perawatan Kulit > 7 Cara Praktis Mencegah Jerawat

7 Cara Praktis Mencegah Jerawat

January 11, 2011

Memiliki kulit halus dan bebas noda adalah dambaan setiap orang karena dapat meningkatkan percaya diri dan membuat kita terlihat cantik. Ada beberapa orang yang rentan terhadap masalah jerawat dan kulit mulai dari masalah ringan hingga masalah kulit yang parah.

Jika Anda adalah orang yang punya masalah seperti itu, berikut adalah beberapa tips praktis yang dapat membantu Anda mencegah jerawat dan membuat kulit Anda bersih. Seperti kita ketahui, pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati, ini dapat menghemat uang Anda dari membeli berbagai macam produk anti jerawat.

  1. Cuci muka minimal dua kali sehari
    Penting untuk membersihkan wajah Anda setidaknya dua kali sehari. Hal ini penting karena untuk menghilangkan minyak dan sel kulit mati dari wajah Anda yang bisa menyumbat pori-pori Anda dan menyebabkan jerawat.
  2. Jaga kebersihan tangan
    Orang yang sering menyentuh wajah mereka akan rentan terkena jerawat. Ini dikarenakan minyak dan kotoran di tangan mereka akan berpindah ke wajah mereka saat menyentuhnya. Jadi, pastikan tangan Anda bersih sebelum menyentuh wajah Anda. Selalu mencuci tangan dengan air dan sabun anti bakteri untuk menghilangkan semua kotoran dan minyak dari tangan Anda.
  3. Sering cuci sarung bantal
    Saat Anda tidur, minyak dari wajah dan rambut Anda akan menyelimuti bantal Anda. Jika Anda mencucinya, minyak dan kotoran di sarung bantal anda bisa masuk ke pori-pori wajah Anda dan menyebabkan jerawat. Jadi, ingatlah untuk selalu mencuci sarung bantal setidaknya seminggu sekali untuk mencegah penumpukan minyak pada sarung bantal.
  4. Makan sehat
    Kurangi asupan makanan yang tidak sehat seperti junk foods dan soda, dan makan lebih banyak buah dan sayuran serta biji-bijian, akan membantu menghilangkan jerawat. Minum banyak air untuk menjaga agar kulit tetap terhidrasi dan membuang racun dari tubuh Anda.
  5. Hindari merokok
    Selain berbahaya bagi tubuh Anda, merokok bisa merusak sel kulit Anda yang bisa menyumbat pori-pori Anda dan menyebabkan terjadinya jerawat.

    Merokok juga membuat Anda lebih mungkin terkena bekas jerawat dengan menghabiskan oksigen dari kulit Anda dan menempatkan racun ke dalam pori-pori Anda. Jadi sebaiknya hindari merokok atau berhenti jika sudah mulai.

  6. Pilihlah produk make up yang tepat
    Produk make up yang Anda gunakan memiliki dampak besar pada kesehatan kulit Anda. Beberapa produk makeup berpotensi menyumbat pori-pori Anda dan menimbulkan jerawat. Saat membeli produk makeup, pilih make up yang bebas minyak yang benar-benar membantu melawan jerawat dan selalu ingat untuk menghapus make up Anda secara menyeluruh sebelum berolahraga atau tidur.
  7. Mengatasi Stress
    Studi menemukan bahwa stres dapat menyebabkan terjadinya jerawat. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk menghilangkan stres.

    Olahraga, meditasi, dan yoga adalah beberapa aktivitas terbaik untuk mengatasinya. Tapi jangan lupa untuk mencuci muka setelah berolahraga.

Sumber: 10 best ways to prevent acne

Advertisements
Categories: Perawatan Kulit