Home > Hidup Sehat > Bagaimana Merokok Mempengaruhi Nutrisi?

Bagaimana Merokok Mempengaruhi Nutrisi?

January 14, 2011

Semua orang tahu bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan, karena merokok dapat menyebabkan timbulnya berbagai penyakit dan masalah kesehatan.

Meskipun banyak orang sadar efek negatif dari merokok terhadap kesehatan, seperti kanker, penyakit jantung, dll. Kebanyakan orang tidak menyadari sifat dan betapa berbahayanya tembakau itu.

Studi menunjukkan bahwa, merokok mempengaruhi nutrisi dengan cara yang tidak dapat diperhitungkan dalam diet saja. Beberapa dari mereka menemukan seperti yang diberikan di bawah ini:

Vitamin C: Vitamin C adalah antioksidan penting untuk mencegah penyakit. Antioksidan dianggap membantu tubuh melawan penyakit mulai dari penyakit jantung sampai kanker, dan membantu mencegah efek degeneratif dari penuaan. Semakin banyak anda merokok, semakin banyak vitamin C yang hilang dari jaringan tubuh.

Vitamin D: Merokok memiliki dampak yang signifikan terhadap metabolisme vitamin D. Perokok memiliki insiden lebih besar dari 50% kekurangan vitamin D dibandingkan non-perokok.

Vitamin E: Vitamin E diyakini untuk menghambat simpanan lemak pada dinding bagian dalam arteri. Merokok menyebabkan pengerasan arteri. Oleh karena itu, perokok dapat mengurangi risiko penyakit jantung dengan mengkomsumsi makanan yang kaya vitamin E.

Kalsium: Merokok mempunyai pengaruh yang signifikan pada metabolisme kalsium. Miskin penyerapan kalsium, dapat menyebabkan osteoporosis, atau tulang keropos.

Jika Anda merokok, maka Anda harus mengkonsumsi banyak makanan bergizi dibandingkan orang yang tidak merokok. Untuk membantu tubuh Anda mendapatkan nutrisi, minum teh hijau, makan banyak sayuran dan buah-buahan yang kaya vitamin, dan olahraga rutin. Dan tentu saja, cara terbaik untuk menjaga tubuh yang sehat adalah BERHENTI MEROKOK!

Sumber: How Smoking Affects on Nutrition

Categories: Hidup Sehat Tags: ,