Home > Diabetes > Apa Penyebab Diabetes?

Apa Penyebab Diabetes?

January 19, 2011

Diabetes adalah suatu kondisi dimana tubuh memproduksi kelebihan glukosa. Pankreas tidak mampu memproduksi insulin yang cukup untuk mengendalikan kadar gula dalam tubuh.

Dengan berkurangnya tingkat insulin, kadar gula dalam tubuh meningkat. Hal ini dapat menyebabkan kerusakan pada banyak bagian tubuh dan bahkan menyebabkan kematian.

Ada 3 tipe Diabetes:

Diabetes Tipe 1

Dalam jenis ini, pankreas memproduksi sangat sedikit atau sama sekali berhenti memproduksi insulin sebagai sel-sel yang mengendalikan kadar gula dalam tubuh. Hal ini terjadi sebagai serangan tubuh dan membunuh sel-sel sendiri dalam pankreas dan kondisi ini dikenal sebagai reaksi autoimun.

Diabetes tipe 1 lebih umum pada anak-anak dan remaja di bawah 40 tahun. Penyebab utama diabetes tipe 1 adalah infeksi, pemotongan pankreas melalui operasi, konsumsi alkohol, dan sebagainya. Sekitar 10 persen dari seluruh pasien yang terkena diabetes termasuk diabetes tipe 1. Diabetes tipe ini memerlukan penyuntikan insulin setiap hari untuk mempertahankan hidup.

Diabetes Tipe 2

Dalam jenis ini, pankreas memproduksi insulin tetapi sel tidak mampu menerima insulin dan ini menyebabkan resistensi insulin. Akibatnya, terjadi peningkatan dalam produksi insulin dan ini dapat mengakibatkan tingkat insulin yang cukup untuk mengendalikan kadar gula dalam tubuh.

Diabetes tipe 2 biasanya terdapat pada orang dewasa setelah usia 40 tahun. Penyebab diabetes jenis ini seperti tidak aktif fisik, penuaan, dan kelebihan berat badan. Sekitar 90 persen dari semua pasien terkena diabetes adalah diabetes tipe 2. Diabetes tipe 2 tidak perlu tergantung pada pengobatan insulin, tetapi dengan diet yang tepat, olahraga dan obat, bisa dikendalikan dalam jangka panjang.

Diabetes Gestational

Diabetes Gestational adalah tipe diabetes yang terjadi pada paruh kedua kehamilan. Pada saat hamil, hormon insulin blok reseptor dari sel, yang menyebabkan kadar glukosa darah tinggi.

Ini adalah tahap yang sangat awal dan berakhir setelah bayi lahir. Namun, wanita yang memiliki diabetes gestational lebih besar kemungkinan untuk mendapatkan diabetes tipe 2 dibandingkan wanita biasa di kemudian hari.

Semakin cepat Anda mengetahui penyebabnya dapat melindungi diri anda dari penyakit mematikan ini.

Sumber: What Causes Diabetes?

Categories: Diabetes Tags: ,