Home > Berita Kesehatan > Mimisan Bisa Jadi Gejala Kanker Nasofaring

Mimisan Bisa Jadi Gejala Kanker Nasofaring

January 31, 2011

Kebanyakan orang pernah mengalami mimisan. Namun, jika darah yang keluar cukup banyak dan cukup sering, lebih baik untuk diperiksa karena bisa jadi adalah gejala awal kanker Nasofaring.

Karena mimisan dialami oleh hampir semua orang, sehingga sering dianggap sebagai hal yang biasa. Bahkan, mimisan dapat terjadi secara spontan dalam 80-90 persen orang sehat, terutama pada anak-anak.

Meskipun mimisan tidak berbahaya, tetapi Anda harus waspada jika frekuensi mimisan yang cukup sering dan parah. Beberapa penyakit yang serius seperti tekanan darah tinggi, pembekuan darah, stroke dan kanker seringkali memiliki gejala mimisan.

Jenis kanker yang dapat memicu mimisan parah adalah karsinoma Nasopharyngeal atau Kanker Nasofaring. Pada tahap lanjut, kanker ini tidak hanya menyebabkan mimisan tetapi juga menyebabkan ingus yang keluar diikuti bintik darah.

Karena itu, jika Anda sering mengalami mimisan berat, Anda harus berkonsultasi dengan dokter Anda segera. Jika Anda memiliki riwayat keluarga dengan kanker, biasanya dokter akan melakukan biopsi atau pemeriksaan sampel jaringan dengan Anda.

Kanker Nasofaring sulit untuk dideteksi karena umumnya tidak memberikan gejala yang spesifik. Pada tahap awal, gejala kanker ini bisa sama seperti flu biasa dengan bersin.

Meskipun gejala awal mungkin tampak sepele, tapi itu adalah penyakit yang mematikan. Di Indonesia, Kanker Nasofaring menduduki peringkat keempat sebagai penyebab utama kematian setelah kanker leher rahim, kanker payudara dan kanker kulit.

Categories: Berita Kesehatan
  1. No comments yet.
  1. February 7, 2011 at 2:49 am
Comments are closed.