Home > Diabetes > Gejala atau Tanda Diabetes

Gejala atau Tanda Diabetes

February 16, 2011

Tanda dari kedua tipe Diabetes – Diabetes tipe 1 dan Diabetes tipe 2 lebih kurang sama dimana kelebihan glukosa dalam darah dan kurang atau tidak ada produksi insulin dalam tubuh.

Diabetes tipe 1 disebabkan oleh kurangnya insulin karena sel untuk memproduksi insulin telah dibunuh atau dihancurkan. Sementara diabetes tipe 2 terjadi ketika sel-sel tubuh menjadi resisten terhadap insulin yang diproduksi.

Dalam setiap kasus, jika ada kekurangan glukosa dalam sel, akan diidentifikasi melalui tanda atau gejala tertentu. Gejala-gejala ini secara perlahan menghilang setelah Diabetes disembuhkan dan juga mengurangi potensi mendapatkan masalah kesehatan yang serius.

Gejala Diabetes Tipe 1

  • Sering buang air kecil
    Peningkatan frekuensi buang air kecil disebabkan karena terlalu banyak glukosa dalam darah. Jika insulin tidak mencukupi, ginjal tidak dapat menyaring glukosa kembali ke dalam darah. Mereka menjadi kewalahan dan mencoba untuk menarik keluar air tambahan untuk menurunkan kadar glukosa darah. Hal ini membuat Anda sering bolak balik kamar mandi.
  • Rasa haus yang luar biasa
    Jika Anda merasa haus yang luar biasa, bisa jadi gejala awal diabetes, Selain itu, diikuti dengan sering buang air kecil. Jika tubuh Anda membuang air keluar dari tubuh anda, Anda akan menjadi haus dan merasa perlu untuk minum lebih banyak air untuk mengganti air yang kehilangan.
  • Penurunan Berat badan
    Pada Diabetes tipe 1, pankreas memproduksi sedikit insulin atau bahkan berhenti membuat insulin, hal ini disebabkan tubuh menyerang sel pankreas atau dikenal sebagai reaksi autoimun. Tubuh akan berusha keras mencari sumber energi karena sel-sel tidak mendapatkan glukosa. Ia mulai mengincar jaringan otot dan lemak untuk mendapatkan energi.
  • Lelah
    ketika insulin tidak ada yang berfungsi untuk membantu membawa glukosa ke dalam sel, maka glukosa tinggal di luar sel, hal ini menyebabkan energi sel menjadi kelaparan sehingga Anda akan merasa lelah.

Gejala Diabetes Tipe 2

  • Penglihatan kabur
    Hiperglikemia hiperosmolar Nonketotic Syndrome (HHNS) adalah suatu kondisi dimana cairan tubuh ditarik keluar dari jaringan termasuk lensa mata, yang mempengaruhi kemampuan fokus dan mengakibatkan penglihatan kabur.
  • Sering Infeksi
    Hal ini terjadi karena penekanan sistem kekebalan tubuh yang sering menyebabkan infeksi kulit seperti jamur atau bakteri.
  • Penyembuhan luka lambat
    Gula darah tinggi menolak sel darah putih yang berfungsi sebagai sistem kekebalan tubuh. Ketika sel-sel ini tidak berfungsi dengan baik, proses penyembuhan luka menjadi lambat.
  • Mati rasa di tangan atau kaki
    Hal ini terjadi karena glukosa tinggi dalam darah merusak sistem saraf, terutama di kaki. Orang sering tidak menyadari bahwa mereka memilikinya. Oleh karena itu, gula darah tinggi mungkin lebih dari beberapa tahun sebelum didiagnosis. Kerusakan saraf dapat menyebar tanpa sepengetahuan kita. Kondisi ini disebut Neuropati. Neuropati dapat berkembang sering dengan meningkatnya tingkat glukosa.

Deteksi dini gejala diabetes dapat mengurangi kemungkinan terkena komplikasi dari diabetes.

source: symptoms of diabetes
Categories: Diabetes Tags: ,