Home > Perawatan Rambut > 3 Gejala Rambut Rontok

3 Gejala Rambut Rontok

February 19, 2011

Rambut rontok adalah masalah yang sangat umum dimana setiap orang hampir pernah mengalaminya. Rambut rontok, atau disebut juga dengan Alopecia, dapat disebabkan oleh banyak faktor. Secara normal, setiap orang akan kehilangan sekitar 50-100 helai rambut setiap hari, dari sekitar 100.000 helai rambut di kulit kepala, ini adalah bagian dari lingkaran pertumbuhan rambut normal.

Rambut rontok adalah masalah yang sangat universal yang mempengaruhi baik pria maupun wanita di seluruh dunia. Pria umumnya cenderung lebih awal mengalami rambut rontok daripada wanita.

Dalam lingkaran pertumbuhan rambut normal, sekitar 90 persen dari rambut di kepala dalam fase pertumbuhan yang dapat bertahan selama dua hingga enam tahun. Dan sekitar 10 persen dari rambut berada dalam fase istirahat. Setelah tiga atau empat bulan, rambut istirahat akan jatuh dan rambut baru mulai tumbuh untuk menggantikan rambut yang hilang. Biasanya, rambut tumbuh sekitar satu sentimeter per bulan, namun proses pertumbuhan rambut mungkin melambat seiring dengan bertambahnya usia.

Ada banyak gejala kehilangan rambut dan tanda-tanda yang bukan bagian dari siklus pertumbuhan rambut yang normal. Mengetahui gejala rambut rontok dapat membantu Anda menentukan apakah rambut rontok yang Anda alami adalah wajar atau sebaliknya sehingga membutuhkan perhatian dari dokter untuk mendapatkan pengobatan dini sebelum folikel sudah mati dan tidak akan pernah menghasilkan rambut lagi. Itulah sebabnya mengapa penting untuk mengetahui tanda dan gejala awal dari rambut rontok.

Berikut adalah beberapa gejala utama rambut rontok:

  • Pengguguran
    Rambut yanggugur secara terus menerus, bahkan ketika tidak disikat, disisir, atau disentuh, adalah gejala rambut rontok pada pria dan wanita. Hal ini bisa disebabkan karena pola makan, kurangnya aliran darah ke kulit kepala atau kehamilan.
  • Penipisan
    Rambut menipis terutama di sekitar tepi garis rambut, dan dapat disebabkan oleh anemia, penggunaan bahan kimia, kurangnya sirkulasi darah ke kulit kepala, stres, atau reaksi terhadap obat-obatan tertentu seperti kemoterapi.
  • Rambut surut
    Pola tapal kuda yang digunakan oleh beberapa orang pada kulit kepala mereka biasanya disebut surut garis rambut, adalah gejala rambut rontok. Secara umum, kondisi ini disebabkan oleh kimia, rambut kering atau kurangnya aliran darah ke kulit kepala. itu bisa menjadi gejala dari beberapa penyakit.

Sumber: Hair Loss Symptoms