Home > Makanan Kesehatan > 15 Khasiat Buah Pisang

15 Khasiat Buah Pisang

February 22, 2011

Pisang tidak hanya enak, tetapi juga mengandung banyak gizi yang baik untuk kesehatan dan meningkatkan energi.

Jadi tidak heran jika buah ini merupakan salah satu makanan favorit bagi rata-rata orang dan bahkan atlet. Dibandingkan dengan buah lain, pisang cenderung mudah dinikmati karena tidak perlu diproses.

Sebagai tambahan, nutrisi yang terkandung dalam pisang matang adalah 99 kalori, 1,2 gram protein, 0,2 gram lemak, 25,8 mg karbohidrat, 0,7 gram serat, 8 mg kalsium, 28 mg fosfor, 0,5 mg besi, 44 RE vitamin A, 0,08 mg vitamin B, 3 mg vitamin C dan 72 gram air.

Jadi bisa dibayangkan kan, betapa banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan mengonsumsi pisang setiap hari, Jadi pertimbangkan untuk memasukkan pisang dalam diet harian Anda sekarang juga!

Kandungan dalam pisang matang, telah terbukti memiliki sejumlah manfaat kesehatan:

  1. Alergi
    Pisang sangat berguna bagi mereka yang alergi terhadap makanan tertentu. Tidak seperti makanan protein lainnya, yang mengandung asam amino yang orang-orang tidak bisa terima dan dapat menyebabkan alergi. Pisang hanya berisi asam-amino jinak yang dalam banyak kasus tidak menyebabkan alergi.
  2. Anemia
    Karena tinggi akan kandungan zat besi, pisang bermanfaat dalam pengobatan anemia. Ia membantu merangsang produksi hemoglobin dalam darah.
  3. Menambah Energi
    Fruktosa, glukosa, dan sukrosa yang terkandung dalam pisang dapat meningkatkan energi secara instan. Ini adalah alasan mengapa atlet sering makan pisang.
  4. Sembelit dan Diare
    Pisang merupakan makanan terbaik bagi penderita sembelit dan diare karena pisang dapat menormalkan fungsi kolon di usus besar untuk menyerap sejumlah besar air agar usus berfungsi dengan baik.
  5. Disentri
    Pisang bersama dengan sedikit garam merupakan obat yang sangat baik untuk disentri. Pisang matang juga berguna dalam pengobatan disentri pada anak, tetapi mereka harus dihaluskan dan diproses menjadi krim sebelum menerapkannya.
  6. Mabuk
    Campuran milkshake pisang dengan madu adalah obat yang baik bagi pemabuk. Pisang menenangkan perut Anda, bersama dengan susu, membantu merehidrasi sistem anda.
  7. Membantu untuk berhenti merokok
    Nutrisi yang terdapat dalam pisang seperti vitamin A1, B6, B12, C, magnesium, dan kalium membantu menarik nikotin dari tubuh.
  8. Meningkatkan Mood
    Pisang mengandung Tryptophan, asam amino yang bertanggung jawab untuk produksi Serotonin. Serotonin adalah hormon yang dikenal untuk mengatasi depresi dan meningkatkan mood.
  9. Gangguan Usus
    Pisang digunakan sebagai makanan untuk mencegah gangguan pencernaan dikarenakan mudah untuk dicerna. Ini adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam kasus maag kronis. Pisang matang sangat berguna untuk mengobati radang borok usus besar.
  10. Meningkatkan fungsi otak
    Kalium ditemukan dalam pisang merupakan sumber yang baik untuk meningkatkan fungsi otak. Jadi tambahkan pisang untuk sarapan Anda sebelum Anda memulai aktivitas.
  11. Gangguan Ginjal
    Memiliki kandungan rendah protein dan kadar karbohidrat yang tinggi, pisang bermanfaat dalam pengobatan gangguan ginjal. Pisang berguna dalam uremia, kondisi racun dari darah mati terhadap kemacetan ginjal dan disfungsi.
  12. Gangguan haid
    Masak bunga pisang dan makan dengan dadih dianggap obat yang efektif untuk menyembuhkan gangguan menstruasi seperti pendarahan yang berlebihan dan nyeri haid. Bunga pisang membantu meningkatkan hormon progesteron agar mengurangi pendarahan.
  13. Kegemukan
    Diet terdiri dari pisang dan susu skim dianggap sebagai obat yang efektif untuk menurunkan berat badan.
  14. Mengurangi resiko Serangan Jantung dan Stroke
    Pisang merupakan sumber kalium yang membantu menjaga tubuh dan keseimbangan elektrolit cairan dalam sel tubuh dan membantu dalam mengontrol tekanan darah, sehingga mengurangi risiko serangan jantung dan stroke. Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi pisang secara rutin dapat mengurangi risiko stroke sebesar 40%.
  15. Gangguan kemih
    Juice dari batang pisang dikenal obat untuk gangguan kencing. Meningkatkan fungsi ginjal dan hati, sehingga mengurangi ketidaknyamanan dan kondisi nyeri di dalamnya. Telah ditemukan sangat membantu untuk menghilangkan batu ginjal dan prostat.

Pisang perlu diperlakukan dengan hati-hati karena cepat matang. Cara yang ideal untuk menyimpan pisang adalah simpan pada suhu rendah. Jika Anda menyimpan pisang di lemari es, ia akan berubah menjadi hitam. Tapi masih bisa dimakan.

Untuk mematangkan pisang lebih cepat, Anda dapat memasukkannya ke dalam kantong kertas cokelat atau membungkusnya dalam koran.

Sumber: 15 Health Benefits of Banana

%d bloggers like this: