Home > Kanker, Pengobatan > Kenali Jenis Kanker Paru-Paru dan Pengobatannya

Kenali Jenis Kanker Paru-Paru dan Pengobatannya

February 26, 2011

Mengenali jenis kanker paru-paru sangat penting, sehubungan dengan upaya pengobatan yang akan dilakukan.

Ada dua jenis utama kanker paru-paru, yang memiliki karakteristik berbeda dan memerlukan perlakuan berbeda pula, diantaranya:

1. Small Cell Lung Cancer (SCLC)
Walaupun menurut statistik Small Cell Lung Cancer hanya terjadi dalam 20% dari semua pasien kanker paru-paru, tapi jenis ini termasuk yang paling sulit untuk diobati karena mudah menyebar ke organ lain. Dari bentuk yang menyerupai gandum, sel-sel kanker yang disebut kanker sel Oat.

Jenis kanker paru ini biasanya disebabkan oleh merokok. Jarang, orang yang merokok tidak mendapatkan jenis kanker ini. Untuk pengobatan, biasanya dokter akan merekomendasikan pengobatan kemoterapi karena sifatnya yang mudah menyebar.

2. Non Small Cell Lung Cancer (NSCLC)
Non Small Cell Lung Cancer adalah jenis yang paling umum dari kanker paru-paru, dan tidak seagresif SCLC. Lebih dari 80% kasus kanker paru-paru adalah Non Small Cell Lung Cancer.

NSCLC cenderung tumbuh dan menyebar lebih lambat. Hal ini dapat diobati dengan operasi, radioterapi, dan atau kemoterapi tergantung pada stadium saat kanker didiagnosa.

Ada tiga jenis Non Small Cell Lung Cancer. Setiap jenis kanker bukan sel kecil paru-paru memiliki berbagai jenis sel kanker. sel kanker ini dari setiap jenis tumbuh dan menyebar dengan cara yang berbeda.

Kadang cukup sulit bahkan tidak mungkin untuk membedakan ketiga jenis sel kanker ini jika sel-sel belum sepenuhnya berkembang menjadi sel-sel kanker. Sebelum menjadi sel kanker ganas, sel-sel yang awalnya sel normal, memiliki proses yang rumit, yang disebut mutasi. Ketiga jenis sel kanker ini adalah:

  • Karsinoma Sel Skuamosa
    Jenis kanker yang paling sering ditemukan, biasanya ditemukan di sekitar pertengahan paru di salah satu cabang baik bronkus kiri atau kanan. Kanker jenis ini dibentuk oleh sel-sel yang ada di sepanjang saluran pernapasan, dan biasanya disebabkan oleh merokok.
  • Adenokarsinoma
    Adenokarsinoma berkembang dari sel-sel yang ada di sepanjang saluran pernapasan juga, tapi terutama terbentuk dari sel-sel yang menghasilkan dahak. Biasanya ditemukan di luar jaringan paru-paru.
  • Cell Carcinoma Besar
    Kanker jenis ini cenderung tumbuh lebih cepat.