Home > Tips Sehat > Cara Mudah Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

Cara Mudah Mengontrol Tekanan Darah Tinggi

March 6, 2011

Tekanan darah tinggi, juga dikenal sebagai hipertensi, adalah kondisi serius yang dapat menyebabkan beberapa penyakit kardiovaskuler seperti serangan jantung, stroke, dll

Kebanyakan orang dengan tekanan darah tinggi tidak memiliki tanda-tanda atau gejala. Meskipun beberapa orang yang memilik tekanan darah tinggi ringan mungkin mengalami sakit kepala, pusing, tanda-tanda dan gejala biasanya tidak terjadi sampai tekanan darah tinggi telah mencapai stadium lanjut. Itu sebabnya penyakit ini sering dikenal sebagai silent killer.

Untuk mengetahui apakah seseorang memiliki hipertensi atau tidak, satu-satunya cara adalah dengan mengukur tekanan darah. tekanan darah normal adalah 120/80, di mana 120 adalah sistolik (maksimum) dan 80 adalah diastolik (minimum) tekanan darah.

Saat tekanan darah di atas 140/90, tekanan darah dianggap tinggi. Maka perlu untuk mengontrol tekanan darah segera. Karena Tekanan Darah Tinggi dapat meningkatkan risiko serangan jantung dan stroke yang merupakan penyebab kematian pertama dan ketiga di dunia.

Meskipun beberapa orang secara genetik cenderung untuk hipertensi, ada banyak cara untuk mengontrol tekanan darah tinggi. Berikut adalah beberapa cara untuk memulai:

  1. Meningkatkan aktivitas fisik Anda
  2. Pertahankan berat badan yang sehat
  3. Makan makanan yang sehat
  4. Kurangi penggunaan garam
  5. Batasi konsumsi minuman alcohol
  6. Berhenti merokok

Sumber: 6 Simple Ways to Control High Blood Pressure

  1. No comments yet.
  1. March 9, 2011 at 9:42 am
Comments are closed.