Home > Makanan Kesehatan > 10 Makanan Terbaik Untuk Mengontrol Gula Darah

10 Makanan Terbaik Untuk Mengontrol Gula Darah

March 9, 2011

Diabetes adalah suatu penyakit yang terjadi ketika tubuh seseorang tidak bisa lagi menghasilkan hormone insulin atau respon terhadap insulin dengan baik. Saat ini, tidak ada obat untuk penyakit ini dan komplikasi akibat diabetes seperti gagal ginjal, amputasi anggota tubuh, kebutaan, kerusakan syaraf dan penyakit jantung.

Namun, Anda dapat mengelola diabetes dan mengendalikan tingkat gula darah dengan berolahraga dan makan makanan yang tepat. Berikut adalah 10 makanan yang akan membantu mengurangi gula darah dan bahkan mengurangi risiko terkena komplikasi dari diabetes. Yang harus Anda lakukan adalah memasukkan makanan berikut ke dalam diet harian Anda.

  1. Apel
    Makan apel membantu hari terus diabetes pergi. Apple sangat berguna ketika berhadapan dengan pengobatan diabetes karena mengandung pektin tinggi yang dapat menurunkan kebutuhan tubuh terhadap insulin. Sebuah studi telah menemukan bahwa wanita yang makan minimal satu apel sehari memiliki resiko terkena diabetes lebih rendah 28 persen dibandingkan mereka yang tidak makan apel.
  2. Brokoli
    Brokoli merupakan sumber kromium yang baik, mineral yang membantu mengatur gula darah dan insulin. Kromium juga bisa membalikkan kerusakan yang disebabkan oleh diabetes untuk pembuluh darah jantung.
  3. Ikan
    Ikan seperti tuna, makarel dan salmon merupakan sumber yang baik dari omega-3 asam lemak, yang mengurangi peradangan, mengurangi risiko penyakit jantung, dan meningkatkan resistensi insulin. Selain itu, sebagai makanan rendah lemak, ikan adalah alternatif untuk non-vegetarian yang mencintai daging merah.
  4. Gandum
    Menurut para peneliti dari Harvard School of Public Health, orang yang makan banyak gandum memiliki risiko lebih rendah menderita diabetes dan penyakit jantung dibandingkan mereka yang tidak makan gandum.
  5. Kacang-kacangan
    Serat larut yang tinggi terdapat dalam kacang tidak hanya baik untuk sistem pencernaan dan jantung, tetapi juga mengontrol gula darah setelah makan. Jika Anda memiliki diabetes tipe 2, kacang-kacangan bisa membantu keseimbangan kadar gula darah sambil membakar lemak secara perlahan.
  6. Kedelai
    Kedelai yang mengandung banyak serat dan protein merupakan zat gizi yang penting dalam mengurangi ekskresi kencing gula dalam orang yang menderita diabetes.
  7. Minyak zaitun
    Minyak zaitun dianggap sebagai lemak baik yang membantu memotong resiko serangan jantung dan telah terbukti membantu menjaga kadar gula darah yang stabil dengan mengurangi resistensi insulin.
  8. Cabe
    Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh peneliti Australia menunjukkan bahwa ketika orang dengan diabetes tipe 2 mengikutkan cabai dalam makanan mereka sehari-hari, jumlah insulin yang diperlukan untuk menurunkan gula darah setelah makan berkurang. Selain itu, Cabe mengandung vitamin C, karotenoid dan antioksidan yang dapat membantu mengatur hormon insulin.
  9. Kayu manis
    Penelitian terbaru telah menemukan bahwa kayu manis dapat memiliki efek regulasi pada tingkat gula darah yang membuat terutama bermanfaat bagi penderita diabetes tipe 2.
  10. Bawang putih
    Bawang putih banyak mengandung senyawa organik seperti alil disulfida Propyl, oksida Diallyldisul-phide, flavonoid, dll yang merupakan komponen penting untuk menurunkan kadar glukosa darah dan merangsang pankreas untuk melepaskan insulin.

Sumber: 10 Best Foods to Control Blood Sugar

  1. No comments yet.
  1. March 9, 2011 at 3:57 pm
Comments are closed.