Home > Penyakit Kardiovaskular > Cara Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

Cara Mengurangi Resiko Penyakit Jantung

March 19, 2011

Seiring dengan gaya hidup manusia yang lebih cenderung memilih makanan cepat saji, maka risiko terkena penyakit jantung pun meningkat pesat.

Menurut National Academy pada masyarakat penuaan, hampir 7% orang Amerika memiliki penyakit jantung dan lebih dari setengah dari orang-orang dengan penyakit jantung di bawah usia 65 tahun.

Orang tua lebih cenderung memiliki penyakit jantung koroner atau sering dikenal dengan serangan jantung.

Beberapa faktor risiko utama untuk penyakit jantung adalah merokok, memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, kelebihan berat badan, kurang olahraga dan gizi buruk.

Untungnya, risiko penyakit jantung dapat dapat dihindari dengan modifikasi gaya hidup anda. Dan perubahan ini juga akan mengurangi risiko penyakit kronis lainnya seperti diabetes dan beberapa jenis kanker.

Berikut adalah beberapa cara untuk mengurangi risiko penyakit jantung:

  • Berhenti Merokok
    Nikotin dalam rokok dapat membentuk gumpalan darah dan karbon monoksida menyerap oksigen dalam darah dan memicu penumpukan kolesterol dalam dinding arteri. Semua efek ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Jadi berhenti merokok sekarang juga!
  • Makan makanan sehat
    Makan makanan yang rendah garam, gula halus, lemak jenuh dan lemak trans tidak hanya dapat mengurangi kolesterol Anda tetapi juga risiko penyakit jantung. Buah-buahan, biji-bijian, potongan ramping ikan segar, dan sayuran mentah adalah sumber baik untuk meningkatkan kesehatan jantung dan sistem kardiovaskular.
  • Olahraga
    Penelitian terbaru menunjukkan jumlah yang lebih moderat aktivitas fisik, termasuk jalan cepat, berlari, bersepeda yang terkait dengan pengurangan risiko penyakit jantung.
  • Menjaga berat badan
    Kelebihan berat badan memiliki dampak yang signifikan terhadap jantung dan memperburuk beberapa faktor risiko lain untuk penyakit jantung seperti diabetes, tekanan darah tinggi, dan kolesterol tinggi. Gemuk karena lemak banyak disimpan pada jantung yang mengganggu fungsi jantung yang menyebabkan gagal jantung atau stroke. Oleh karena itu, menjaga berat badan yang sehat adalah cara yang bagus untuk mengurangi risiko penyakit jantuung.

Meskipun faktor risiko tertentu tidak dapat diubah seperti faktor keturunan, penting untuk menyadari bahwa Anda memiliki kendali atas orang lain banyak. Terlepas dari usia Anda, latar belakang, atau status kesehatan, Anda dapat mengurangi risiko penyakit jantung.

Source: How to Reduce Heart Disease Risk

  1. No comments yet.
  1. March 19, 2011 at 5:25 pm
Comments are closed.