Home > Tips Sehat > 7 Cara Mengurangi Resiko Stroke

7 Cara Mengurangi Resiko Stroke

March 22, 2011

Stroke adalah penyebab utama kematian ke-3 di Amerika Serikat. Meskipun faktor risiko tertentu tidak dapat dicegah seperti faktor keturunan. Tapi dengan mengubah gaya hidup Anda, dapat mengurangi resiko anda dari penyakit ini.

Stroke terjadi ketika ada sesuatu yang tidak normal dengan aliran darah ke otak. Hal ini sering disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah.

Orang tua dan mereka yang memiliki tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi dan diabetes memiliki risiko tinggi terkena stroke. Jika Anda memiliki stroke, membuat perubahan juga dapat membantu mencegah satu sama lain.

Berikut adalah 7 cara yang dapat membantu Anda mengurangi risiko stroke:

  1. Mengontrol tekanan darah tinggi
    Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama stroke. Tidak peduli seberapa baik Anda merasa, Anda harus mencari tahu apakah Anda menderita kondisi ini.
  2. Mengontrol gula darah atau resiko diabetes
    Seperti tekanan darah tinggi, diabetes juga meningkatkan risiko stroke, dan penderita diabetes sering memiliki kolesterol tinggi dan kelebihan berat badan, dua faktor risiko stroke. 

    Jika Anda memiliki diabetes, Anda harus periksa ke dokter atau mencari tahu cara cara mengobati diabetes.

  3. Berhenti merokok
    Merokok merupakan faktor risiko yang paling dapat dicegah untuk stroke. Nikotin dan karbon monoksida dalam rokok menyakiti sistem kardiovaskular dengan merusak pembuluh darah, menyebabkan bekuan darah. Jadi jika Anda merokok, berhenti sekarang!.
  4. Batasi konsumsi alkohol
    Minum terlalu banyak alkohol dapat meningkatkan tekanan darah Anda, yang merupakan faktor risiko utama untuk stroke. Jika Anda menjaga asupan Anda dalam batas sehat, minum tidak akan meningkatkan risiko stroke.
  5. Pertahankan berat badan yang sehat
    Jika Anda kelebihan berat badan, menurunkan berat badan adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko stroke. Gemuk juga dapat membuat jantung Anda bekerja lebih keras, meningkatkan tekanan darah Anda.
  6. Olahraga secara teratur
    Olahraga teratur membantu menurunkan tekanan darah, menciptakan keseimbangan yang sehat dan meningkatkan kemampuan tubuh Anda untuk merespon terhadap insulin. Jalan, lari atau bersepeda selama satu jam atau lebih per hari dapat membantu menjaga tubuh Anda fit dan tetap sehat.
  7. Makan makanan yang sehat
    Makan makanan sehat mungkin adalah cara paling efektif untuk mengurangi risiko stroke, karena dapat melindungi Anda dari tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes, obesitas dan penyakit lainnya. Perbanyak konsumsi buah dan sayur-sayuran dan mengurangi asupan lemak jenuh, yang mempromosikan pengerasan arteri, dengan makan lebih sedikit daging merah. Pilih ikan dan unggas sebagai gantinya.
Source: Top 7 Ways To Reduce The Risk Of Stroke
Categories: Tips Sehat Tags: ,
Comments are closed.