Home > Stroke > Jenis Stroke dan Pengertiannya

Jenis Stroke dan Pengertiannya

March 24, 2011

Stroke adalah penyakit yang mempengaruhi pembuluh darah yang memasok darah ke otak. Hal ini terjadi ketika arteri tersumbat oleh gumpalan darah atau bocornya pembuluh darah.

Ketika salah satu dari hal-hal ini terjadi, sel-sel otak tidak mendapat darah dan oksigen yang mereka butuhkan. Akibatnya, sel saraf di daerah yang terkena otak tidak dapat bekerja dengan baik, dan mati dalam beberapa menit (biasanya 3 sampai 4 menit). Dan ketika sel saraf tidak bisa bekerja, kemampuan untuk megendalikan fungsi tubuh juga hilang. Kemampuan ini termasuk berbicara, bergerak dan ingatan.

Jenis-jenis Stroke

Ada dua jenis utama dari stroke: Iskemik dan hemorragik.

Stroke Iskemik

Iskemik adalah jenis stroke yang paling umum. Sekitar 80% dari kasus stroke adalah iskemik. Jenis stroke ini disebabkan oleh penyumbatan aliran darah ke otak. Beberapa Jenis stroke iskemik meliputi:

  • Stroke Emboli
    Stroke emboli terjadi ketika gumpalan darah atau plak kolesterol masuk ke otak melalui aliran darah. Setelah di otak, gumpalan masuk ke pembuluh darah kecil untuk memblokir jalan tersebut. Hal ini menyebabkan penyumbatan arteri dan mencegah darah mencapai bagian otak.
  • Stroke Trombotik
    Pada Jenis stroke iskemik ini, gumpalan darah terbentuk di seluruh bagian dalam pembuluh darah menyebabkan gangguan aliran darah ke area otak. Proses yang mengarah ke penyumbatan ini dikenal sebagai Trombosis, biasanya mempengaruhi pembuluh darah yang sangat kecil di otak, terutama pada orang dengan kolesterol tinggi.

Stroke hemorragik

Stroke Hemorrhagic sering disebabkan oleh pembuluh darah bocor seperti aneurisma atau malformasi arteriovenous. Dalam banyak kasus ini adalah hasil dari tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol. Ada dua jenis stroke hemoragik: Intracerebral dan subaraknoid

  • Pendarahan Intracerbral: Perdarahan terjadi dari pembuluh dalam jaringan otak. Hipertensi adalah penyebab utama dari jenis perdarahan ini.
  • Hemmorrhage subarachnoid: Pendarahan terjadi di sepanjang arteri besar spasi di antara dua membran yang mengelilingi otak.

source: stroke definition and types of strokes

Categories: Stroke Tags: ,