Home > Tips Sehat > Cara Menghilangkan Stres

Cara Menghilangkan Stres

March 29, 2011

Tubuh dan pikiran saling berhubungan. Beda situasi dapat menimbulkan pengaruh yang berbeda pada tubuh dan pikiran kita dari waktu ke waktu.

Kadang situasi tersebut tidak baik bagi kesehatan kita secara keseluruhan dan dapat mengakibatkan stres. Namun, hal itu telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan sehari-hari kita. Untungnya, ada berbagai metode yang dapat menghilangkan stres dan ketegangan ini. Beberapa dari teknik tersebut ada yang dapat dipelajari dalam hitungan menit dan ada pula yang membutuhkan banyak latihan untuk menguasai teknik tersebut. Teknik tersebut antara lain:

1. Latihan Pernapasan
Latihan ini dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja, dan menyediakan hasil yang menguntungkan dalam waktu singkat. Latihan ini membantu dalam oksigenasi dari darah dan relaksasi otot. Untuk memulai latihan ini, tarik napas dalam-dalam, duduk tegak dengan bahu rileks dan mata tertutup. Ambil napas dalam melalui hidung, tahan napas selama lima hitungan dan menghembuskan napas perlahan-lahan melalui mulut. Ulangi 10-15 kali. Tangan Anda harus keluar dan kembali saat Anda menarik napas dan menghembuskan napas.

2. Meditasi
Meditasi mencakup latihan pernapasan sebagai komponen penting. Selama meditasi, otak masuk ke modus tidur dan dalam keadaan ini, pikiran tenang dan ini membantu mengurangi tingkat stres pada batas tertentu.

3. Imajinasi
Metode ini akan membutuhkan sedikit latihan. Dalam latihan ini, seseorang harus membayangkan adegan yang sangat santai berkaitan dengan semua indera. Para imajiner terdiri dari panduan bijak yang menyediakan jawaban atas semua pertanyaan. Panduan ini adalah keadaan pikiran bawah sadar dimana seseorang tidak dapat mengakses secara normal.

4. Visualisasi
visualisasi positif dapat membantu penyembuhan. Ketika seseorang membayangkan bahwa ia dapat mencapai tujuan mereka, baik secara pribadi maupun profesional, maka ia benar-benar bisa melakukannya dengan baik di daerah-daerah dalam kenyataan.

5. Hipnotis
Metode ini berdasarkan pada fitur tertentu dari visualisasi dan imajinasi Namun kemampuannya mengandalkan pada fakta bahwa individu dapat berinteraksi langsung dengan keadaan pikiran bawah sadar. Metode ini telah terbukti lebih efektif dalam hal kemampuan belajar yang lebih baik dan melepaskan kebiasaan yang tidak sehat.

6. Relaksasi otot
Metode ini tidak memerlukan peralatan khusus. Menghilangkan stres hanya dalam beberapa menit dapat dicapai dengan menegangkan dan santai semua otot. Seorang individu dapat memulai dengan menegangkan otot-otot wajah dan memegang mereka erat-erat selama 10 detik. Dengan latihan teratur, metode ini cenderung menghasilkan hasil yang diinginkan.

7. Olahraga
Olahraga biasanya dikaitkan dengan program penurunan berat badan dan kebugaran. Tapi itu juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Latihan membantu pikiran untuk menjauh dari kondisi stres.

8. Yoga
Yoga adalah bentuk tradisional teknik perbaikan diri. Ini adalah kombinasi dari metode menghilangkan stres lain seperti meditasi, bernapas dan gerakan.

source: ways to relieve stress
Categories: Tips Sehat Tags: , ,
  1. No comments yet.
  1. March 29, 2011 at 4:25 pm
Comments are closed.