Home > Diabetes > Perawatan untuk Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

Perawatan untuk Diabetes Tipe 1 dan Tipe 2

August 2, 2011

Hal terpenting yang harus diketahui saat ingin mengobati diabetes adalah kadar gula darah Anda, yaitu jumlah glukosa di dalam darah.

Glukosa adalah gula yang berasal dari makanan dan minuman yang kita konsumsi yang tersimpan dalam sel tubuh. Ini adalah sumber utama energi bagi tubuh. Glukosa masuk ke dalam sel dengan bantuan insulin.

Lalu bagaimana pengaruh insulin terhadap kadar glukosa dalam setiap jenis diabetes dan bagaimana cara merawatnya?

Pada diabetes tipe 1, orang tidak bisa lagi memproduksi insulin. Ini berarti glukosa tinggal di luar sel, menyebabkan kadar gula darah tinggi.

Untuk menyeimbangkan kadar glukosa, orang dengan diabetes tipe 1 harus:

  • Makan makanan yang sehat
    Orang yang memiliki diabetes tipe 1 harus menaruh banyak perhatian pada diet makanan mereka dibandingkan orang tanpa diabetes. Karena beberapa jenis makanan dapat menyebabkan kadar glukosa meningkat lebih cepat dari yang lain. Sebagai bagian dari perawatan diabetes, tim perawatan Anda akan membuat rencana makan berdasarkan usia, tingkat aktivitas, dan makanan yang disukai dan tidak sukai. Rencana makan biasanya terdiri dari sarapan, makan siang, dan makan malam.
  • Menerima insulin setiap hari
    Orang dengan diabetes tipe 1 harus menerima insulin sebagai bagian dari pengobatan mereka. Karena tubuh mereka tidak bisa memproduksi insulin lagi, karena itu mereka harus menerima insulin setiap hari untuk menjaga kadar gula darah mereka dalam rentang yang sehat.
  • Olahraga teratur
    Olahraga teratur membantu menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang sehat. Hal ini dapat mengurangi risiko mendapat masalah kesehatan lain, seperti penyakit jantung dan stroke.

    Kebanyakan jenis olahraga cocok untuk orang dengan diabetes tipe 1 termasuk berjalan, berlari, daki, berenang, dll Cobalah untuk latihan setiap hari untuk hasil yang optimal.

Pada diabetes tipe 2, tubuh, sel tubuh tidak dapat mereaksi insulin secara normal lagi. sehingga glukosa tetap dalam aliran darah dan tidak dapat masuk ke dalam sel. Hal ini menyebabkan kadar gula darah menjadi tinggi.

Untuk menjaga tingkat gula darah dalam kisaran yang sehat, orang dengan diabetes tipe 2 harus:

  • Makan diet seimbang
    Makan makanan sehat adalah bagian dari pengobatan untuk orang dengan diabetes tipe 2. Mereka harus mengontrol jumlah karbohidrat dan kalori dalam makanan yang mereka makan.

    Makan makanan tertentu akan menyebabkan kadar gula darah meningkat lebih dari yang lain, yang mungkin membuatnya lebih sulit untuk mengontrol kadar gula darah bagi penderita diabetes tipe 2, kecuali insulin dan obat diabetes lain yang diambil pada dosis yang tepat.
    Tim perawatan anda akan membuat daftar rencana makan diabetes. Biasanya terdiri dari pedoman untuk menyiapkan sarapan, makan siang, dan makan malam. Apa yang harus Anda lakukan adalah mengikuti rencana makan tersebut.

  • Berolahraga secara teratur
    Latihan ini baik bagi semua orang, terutama untuk orang dengan diabetes tipe 2 karena olahraga dapat meningkatkan respon tubuh Anda terhadap insulin sehingga gula darah tetap dalam jangkauan Anda tingkat yang sehat. Olahraga juga dapat mengurangi masalah kesehatan lain, seperti penyakit jantung dan kanker.
  • Minum obat yang diresepkan
    Kebanyakan jenis obat tersedia untuk orang dengan diabetes tipe 2. Mereka bekerja dalam berbagai cara untuk membantu tubuh menciptakan atau merespon insulin yang lebih baik.

    Tim perawatan diabetes anda akan mengajarkan Anda bagaimana dan kapan untuk minum obat yang diresepkan.