Home > Kanker > Penyebab Kanker Payudara dan Faktor Resikonya

Penyebab Kanker Payudara dan Faktor Resikonya

August 18, 2011

Kanker payudara adalah keganasan yang tejadi pada sel-sel di payudara. Penyakit ini umumnya terdapat pada wanita. Diperkirakan satu dari delapan wanita akan terkena kanker payudara dalam masa hidup mereka. Kebanyakan wanita yang mendapat kanker payudara telah menopause, namun sekitar 2 dari 8 wanita terdiagnosa setiap tahun di bawah 50 tahun.

Kanker payudara terjadi karena perubahan tertentu dalam sel DNA payudara yang mengandung instruksi genetik yang digunakan dalam pengembangan dan fungsi dari semua organisme hidup. Ada mutasi gen yang diwariskan, tetapi ada juga yang tampaknya terjadi sendiri tanpa diketahui penyebab pasti.

Penyebab dan Faktor Resiko Kanker Payudara

  • Hamil di usia tua
    Wanita yang hamil di atas usia 30 memiliki risiko terkena kanker payudara sedikit lebih tinggi daripada wanita yang melahirkan pada usia muda.
  • Tidak Menyusui Anak
    Beberapa studi menemukan bahwa menyusui anak dalam jangka panjang (1,5-2 tahun), khususnya dapat menurunkan resiko kanker payudara. Penjelasan yang mungkin adalah bahwa menyusui dapat mengurangi jumlah total siklus menstruasi wanita.
  • Minum Alkohol
    Minum alkohol sangat jelas berhubungan dengan peningkatan risiko kanker payudara. Risiko meningkat dengan jumlah alkohol yang dikonsumsi. Wanita yang minum 2 sampai 5 gelas alkohol setiap hari memiliki risiko 1,5 kali lebih tinggi daripada mereka yang tidak dikonsumsi. Minuman beralkohol yang disarankan adalah 1 gelas per hari untuk wanita.
  • Kegemukan
    Kelebihan berat badan dapat meningkatkan risiko kanker payudara, terutama bagi wanita menopause. Sebelum menopause, ovarium memproduksi sebagian. Setelah menopause, estrogen wanita kebanyakan berasal dari jaringan lemak. Memiliki jaringan lemak berlebihan setelah menopause dapat meningkatkan kemungkinan Anda terkena kanker payudara akibat tingkat estrogen.
  • Kurang olahraga
    Olahraga dapat membantu dalam mengurangi resiko kanker payudara. Lalu berapa lama olahraga yang dibutuhkan? Dalam sebuah studi dari Kesehatan Wanita Initiative (WHI), jalan cepat setidaknya 1 sampai 2,5 jam per minggu dapat mengurangi risiko terkena kanker payudara hingga 18 persen.