Home > Kanker Payudara > Perawatan Untuk Kanker Payudara

Perawatan Untuk Kanker Payudara

August 31, 2011

Jika anda telah terdiagnosa dengan kanker payudara, dokter Anda akan membantu Anda memahami apa jenis kanker payudara yang Anda miliki dan perawatan apa yang terbaik untuk Anda.

Untuk mempelajari tentang jenis kanker Anda dan membantu Anda membuat keputusan pengobatan terbaik, dokter Anda akan melihat tiga hal penting:

  • Ukuran dan lokasi tumor
  • Berapa jauh kanker telah menyebar (stadium kanker)
  • Kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan

Pengobatan kanker payudara dapat diklasifikasikan menjadi dua kelompok besar berdasarkan bagaimana mereka bekerja dan ketika mereka digunakan.

Pengobatan Lokal

Pengobatan lokal berarti pengobatan yang hanya pada daerah payudara dan kelenjar getah bening di dekatnya. Pembedahan dan radioterapi adalah contoh jenis pengobatan lokal.

Operasi Pembedahan

Kebanyakan pasien dengan kanker payudara menerima operasi pembedahan untuk mengangkat kanker dari payudara. Beberapa jenis pembedahan kanker payudara antara lain:

  • Lumpektomi: Pembedahan untuk mengangkat tumor dan sejumlah kecil jaringan normal di sekitarnya.
  • Mastektomi parsial: Pembedahan untuk mengangkat bagian payudara yang memiliki sel kanker dan beberapa jaringan normal di dekatnya.
  • Mastektomi total: Operasi untuk menghapus seluruh kanker payudara. Beberapa kelenjar getah bening di bawah lengan bisa diambil untuk biopsi pada saat atau setelah operasi payudara.
  • Modifikasi mastektomi radikal: Pembedahan untuk mengangkat seluruh kanker payudara, kelenjar getah bening jantan di bawah lengan, otot dada bagian atas, dan kadang bagian dari otot dinding dada.
  • Radikal mastektomi: Operasi untuk mengangkat payudara yang mengandung tumor, otot-otot dinding dada di bawah payudara, dan kelenjar getah bening semua di bawah lengan.

Radioterapi

Radioterapi adalah pengobatan kanker yang menggunakan energi sinar-x atau jenis radiasi lain untuk membunuh sel kanker atau mencegah mereka tumbuh. Ada dua jenis terapi radiasi.

  • Terapi radiasi eksternal menggunakan mesin untuk mengirim radiasi pada tubuh.
  • Terapi radiasi internal menggunakan unsur radioaktif yang disegel dalam jarum, biji, atau kawat, dan ditempatkan langsung dekat kanker dimana mereka berada.

Bagaimana radioterapi diberikan tergantung pada jenis dan tahap kanker yang sedang dirawat.

Kemoterapi

Kemoterapi adalah pengobatan kanker yang menggunakan obat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker, baik dengan menghentikan mereka dari membagi atau membunuh sel-sel. Bila kemoterapi diambil melalui mulut atau disuntikkan ke dalam otot, obat memasuki aliran darah dan dapat mencapai sel kanker di seluruh tubuh.

Jika kemoterapi ditempatkan langsung ke cairan cerebrospinal, rongga organ seperti perut, obat terutama mempengaruhi sel-sel kanker pada area-area. Bagaimana kemoterapi diberikan tergantung pada jenis dan tahap kanker yang sedang dirawat.

Terapi hormon

Terapi hormon adalah jenis pengobatan kanker yang menghilangkan hormon menghambat sel-sel kanker bertumbuh. Beberapa hormon dapat menyebabkan kanker tertentu untuk tumbuh. Jika tes menunjukkan bahwa sel-sel kanker memiliki tempat di mana hormon dapat melampirkan obat, operasi, atau radioterapi digunakan untuk mengurangi produksi hormon.

Terapi Tertarget

Terapi tertarget adalah pengobatan kanker yang menggunakan obat-obatan atau zat lain untuk mengidentifikasi dan menyerang sel-sel kanker tertentu tanpa merugikan sel normal. Antibodi monoklonal dan Tirosin kinase inhibitor dua jenis terapi bertarget digunakan dalam pengobatan kanker payudara.

Mungkin masih ada cara lain untuk mengelola perawatan Anda. Bicarakan dengan dokter anda untuk menemukan rencana pengobatan yang terbaik untuk Anda.