Home > Kanker Payudara > Tips Mencegah Kanker Payudara

Tips Mencegah Kanker Payudara

September 11, 2011

Kanker payudara adalah kanker yang paling umum terjadi pada wanita di seluruh dunia. Sekitar satu dari 8 wanita diperkirakan untuk mendapat kanker payudara dalam hidup mereka.

Meskipun ada faktor risiko tertentu seperti genetika yang tidak dirubah, tetapi membuat beberapa perubahan dalam diet dan gaya hidup dapat mengurangi risiko terkena penyakit ini, diantaranya:

  1. Makan makanan pencegah Kanker
    Untuk mencegah kanker payudara, makan banyak buah kaya nutrisi, sayuran, kacang, kacang, dan biji-bijian, dengan fokus pada makanan pencegahan kanker di bawah ini:

    • Makanan serat tinggi membantu mengurangi bentuk kanker menyebabkan estrogen dalam aliran darah dan dapat menurunkan risiko kanker payudara hingga 50%. Makanan serat tinggi termasuk kacang-kacangan, buah segar, biji-bijian, dan sayuran yang kaya karotenoid, phytonutrisi silangan, dan flavonoid.
    • Produk kedelai seperti miso, tahu, dan tempe telah terbukti mengurangi risiko kanker payudara. Tetapi hindari yang sangat manis dan produk olahan kedelai, seperti minyak kedelai dan susu kedelai.
  2. Aktif berolahraga
    Penelitian menunjukkan bahwa perempuan yang berolahraga setidaknya 30 hingga 45 menit sehari memiliki risiko 20-40% lebih rendah terkena kanker payudara dibandingkan mereka yang tidak aktif.
  3. Pertahankan berat badan yang ideal
    Studi menunjukkan bahwa kelebihan berat badan meningkatkan kemungkinan Kanker Payudara.
  4. Batasi Konsumsi Alkohol
    Banyak penelitian menunjukkan bahwa kelebihan konsumsi alkohol merupakan penyebab utama kanker payudara. Orang yang minum dua atau lebih alkohol sehari meningkatkan risiko kanker payudara sebesar 25-50%. Jadi batasi konsumsi alkohol dengan hanya minum satu gelas per hari.
  5. Minum Teh Hijau
    Minum empat gelas atau lebih teh hijau setiap hari. Teh hijau kaya dengan EGCG (epigallocatechin-3-gallate), suatu senyawa yang dapat menghentikan pertumbuhan sel-sel kanker payudara dalam tubuh.
  6. Jangan Merokok
    Wanita yang merokok atau terus-menerus menghisap asap rokok memiliki kemungkinan 40% lebih banyak mendapat kanker payudara.
  7. Minimalisir terkena paparan estrogen farmakologis dan xeno-estrogen
    Jangan mengambil resep estrogen kecuali indikasi medis. Kelebihan paparan estrogen memainkan peran penting dalam perkembangan kanker payudara. Juga hindari estrogen seperti senyawa yang ditemukan dalam polusi lingkungan, seperti pestisida dan bahan kimia industri.