Home > Penyakit Kardiovaskular > Berbagai Gejala Penyakit Jantung

Berbagai Gejala Penyakit Jantung

November 10, 2011

Penyakit jantung dapat terjadi pada pria maupun wanita. Umumnya penyakit ini lebih sering mempengaruhi orang tua, tetapi usia muda juga beresiko terhadap penyakit ini.

Banyak orang tidak menyadari bahwa mereka memiliki penyakit jantung sampai mereka mengalami nyeri dada, serangan jantung atau stroke. Jenis-jenis masalah ini sering perlu lebih banyak perhatian dan orang tersebut harus merawat ke dokter segera.

Meskipun ada banyak kemungkinan gejala yang berkaitan dengan penyakit jantung tergantung pada jenis penyakit jantung yang Anda miliki. Tapi di sini ada beberapa gejala utama yang harus diperhatikan:
Jantung Palpitasi
Palpitasi merupakan gejala yang sangat umum dari penyakit jantung. Kebanyakan orang dengan palpitasi memiliki beberapa jenis aritmia jantung. Ada banyak jenis aritmia, dan hampir semua dapat menyebabkan jantung berdebar, tetapi penyebab paling umum dari palpitasi adalah Atrial Prematur Komplek, ventrikel prematur Kompleks, dan episode tachycardia supraventricular (SVT).

Nyeri Dada
Nyeri di dada terjadi karena otot jantung tidak mendapatkan asupan darah yang cukup. Nyeri yang dirasakan akan terjadi hampir setiap hari. Sementara banyak kondisi lain dapat menyebabkan nyeri dada, namun penyakit jantung adalah yang paling umum.

Sesak napas
Sesak nafas merupakan gejala yang paling sering dari gangguan jantung atau paru-paru. Gagal jantung dan penyakit arteri koroner sering menghasilkan sesak napas. Kondisi jantung lain seperti penyakit jantung katup juga dapat menghasilkan gejala ini, termasuk aritmia jantung.

Kelelahan
Otot jantung yang melemah menyebabkan proses memompa darah melambat. Pasien sering merasa capek meskipun tidak melakukan apa-apa. Untuk menghindari melemahnya fungsi jantung, kita harus secara teratur berolahraga dan melakukan banyak gerakan yang akan mengakibatkan jantung bekerja lebih aktif.

Pusing dan pingsan
Memompa darah yang tidak normal sehingga asupan darah terganggu. Seseorang mungkin merasa pusing karena kekurangan darah. Denyut jantung melemah mengakibatkan pasien pingsan.

Jika Anda mengalami gejala diatas, lebih baik segera ke dokter. Terdiagnosa lebih awal akan membantu Anda mengatasi masalah kesehatan anda di kemudian hari.

%d bloggers like this: