Home > Osteoporosis > Penyebab Osteoporosis dan Faktor Resikonya

Penyebab Osteoporosis dan Faktor Resikonya

November 12, 2011

Osteoporosis adalah kondisi yang ditandai dengan penurunan kepadatan tulang yang mengakibatkan tulang keropos. Gangguan ini meningkatan risiko patah tulang, terutama di pinggul, tulang belakang, dan pergelangan tangan.

Osteoporosis sering dianggap sebagai suatu kondisi yang terjadi pada wanita usia tua. Namun, kerusakan dari osteoporosis dimulai jauh lebih awal dalam kehidupan. Karena kepadatan tulang puncak dicapai pada sekitar usia 25 tahun, adalah penting untuk membangun tulang yang kuat pada usia itu, sehingga tulang akan tetap kuat di masa depan. Asupan kalsium yang cukup merupakan bagian penting dari membangun tulang yang kuat.

Orang berusia diatas 50 tahun, satu dari delapan pria dan satu dari dua wanita diperkirakan memiliki patah tulang karena osteoporosis dalam hidup mereka.

Penyebab Osteoporosis

Osteoporosis terjadi ketika ada ketidakseimbangan antara pembentukan tulang baru dan resorpsi tulang lama. Tubuh mungkin gagal untuk membentuk tulang baru yang cukup, atau terlalu banyak tulang tua diserap kembali, atau keduanya. Kedua mineral penting untuk membentuk tulang baru adalah kalsium dan fosfat.

Selama masa remaja, tubuh menggunakan mineral ini untuk membentuk tulang. Untuk mempertahankan fungsi organ, tubuh menyerap kalsium yang disimpan dalam tulang untuk mempertahankan kadar kalsium darah.

Jika asupan kalsium tidak cukup atau jika tubuh tidak menyerap kalsium yang cukup dari makanan, tulang dan jaringan tulang produksi mungkin menderita. Jadi, tulang dapat menjadi lemah, sehingga tulang rapuh dan rapuh yang mungkin mudah pecah.

Kondisi lain yang dapat menyebabkan osteoporosis mencakup lebih dari penggunaan kortikosteroid, kanker tulang, masalah tiroid, kelainan genetik tertentu, dan penggunaan obat-obatan tertentu.

Faktor resiko osteoporosis

Berikut ini adalah beberapa faktor yang dapat menempatkan seseorang pada risiko osteoporosis:

  • Memiliki anggota keluarga dengan osteoporosis terutama wanita
  • Wanita yang menopause, termasuk mereka yang menopause dini
  • Merokok
  • Meminum lebih dari dua gelas Alkohol sehari
  • Mengkonsumsi lebih dari tiga cangkir kafein sehari
Categories: Osteoporosis Tags: ,