Home > Osteoporosis > Cara Alami Mencegah dan Mengobati Osteoporosis

Cara Alami Mencegah dan Mengobati Osteoporosis

December 26, 2011

Tujuan dari pengobatan osteoporosis adalah pencegahan patah tulang dengan menghentikan penyusutan tulang dan meningkatkan densitas tulang. Meskipun deteksi dini dan pengobatan tepat waktu dapat mengurangi risiko patah tulang di masa depan, namun tidak ada perawatan untuk osteoporosis yang sepenuhnya sembuh. Dengan kata lain, sulit untuk sepenuhnya membangun kembali tulang yang telah rusak akibat osteoporosis.

Oleh karena itu, pencegahan osteoporosis sama pentingnya dengan perawatan. Berikut adalah beberapa cara pengobatan alami dan pencegahan osteoporosis:

Diet Seimbang

Diet yang optimal untuk mencegah atau mengobati osteoporosis termasuk makan makanan berkalsium, yang merupakan nutrisi penting untuk mempertahankan pembentukan tulang yang tepat.

Para ahli merekomendasikan wanita pra-menopause dan pria untuk mengkonsumsi setidaknya 1000 mg kalsium per hari, ini termasuk kalsium dalam makanan dan minuman ditambah suplemen kalsium. Sementara perempuan postmenopause yang tidak mengambil estrogen harus mengkonsumsi 1500 mg kalsium per hari.

Sumber makanan utama kalsium adalah susu dan produk susu lainnya, seperti keju, yogurt dan sayuran seperti brokoli dan bayam.

Berhenti merokok

Berhenti merokok sangat dianjurkan jika Anda berada pada risiko osteoporosis karena merokok dapat mempercepat pengeroposan tulang. Sebuah studi menunjukkan bahwa perempuan yang merokok satu bungkus per hari semasa dewasa memiliki 5 sampai 10 persen lebih mungkin mengalamami kepadatan tulang dibandingkan dengan wanita yang tidak merokok.

Batasi asupan alkohol

Minum alkohol yang berlebihan dapat meningkatkan risiko patah tulang karena peningkatan risiko jatuh, gizi buruk, dll. Jika Anda minum alkohol, batasi konsumsi alkohol Anda untuk tidak lebih dari satu gelas alkohol sehari untuk wanita dan tidak lebih dari dua gelas sehari untuk pria.

Olahraga secara teratur

Olahraga dapat meningkatkan massa tulang pada wanita premenopause dan membantu mempertahankan kepadatan tulang bagi perempuan setelah menopause. Hal ini juga dapat mengurangi risiko patah tulang pinggul pada wanita yang lebih tua sebagai akibat dari kekuatan otot meningkat. Kebanyakan ahli merekomendasikan olahraga selama minimal 30 menit sebanyak tiga kali seminggu. Beberapa olahraga yang dianjurkan termasuk latihan beban, bersepeda, berjalan dan jogging.