Home > Alergi > Gejala Umum Alergi

Gejala Umum Alergi

January 4, 2012

Alergi adalah suatu kondisi kesehatan yang muncul ketika Anda makan atau menyentuh zat tertentu yang sistem kekebalan tubuh Anda sensitif terhadapnya. Sistem kekebalan tubuh dirancang untuk melawan zat berbahaya seperti virus dan bakteri.

Zat-zat yang dapat menyebabkan alergi antara lain obat, debu, serbuk sari, jamur, air liur hewan dan makanan tertentu.

Gejala alergi umum termasuk gatal pada mata, kulit gatal, ruam, bersin, hidung tersumbat dan mengi. Tidak hanya alergi menyebabkan berbagai gejala yang mengganggu, seperti gatal dan bersin, tetapi mereka juga dapat memicu kondisi serius lainnya seperti asma, sinusitis, dan infeksi telinga.

Misalnya, ketika alergi menyebabkan radang di hidung Anda, pembukaan sinus Anda dapat menjadi tersumbat, menyebabkan peradangan sinus dan infeksi sinus. Demikian juga, alergi dapat menyebabkan telinga tidak berfungsi dengan baik, yang dapat menyebabkan infeksi telinga.

Alergi tidak berhenti di situ. Hal ini dapat menyebabkan berbagai gejala yang berhubungan dengan kulit seperti eksim dan gatal-gatal. Beberapa jenis alergi dapat menyebabkan masalah pencernaan, dan berbagai gejala alergi terkait yang dapat mempengaruhi fungsi tubuh lain seperti sakit kepala, kehilangan bau, dan gangguan tidur.

Categories: Alergi Tags: