Home > Makanan Kesehatan > Manfaat Kedelai Bagi Kulit dan Tubuh

Manfaat Kedelai Bagi Kulit dan Tubuh

January 20, 2012

Selain kandungan proteinnya yang tinggi, lezat, dan mudah dicerna, kedelai juga mengandung Isoflavon. Banyak orang tahu kedelai adalah kacang berprotein tinggi. Namun, banyak yang tidak tahu bahwa kedelai merupakan sumber utama isoflavon, yang telah terbukti memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh dan kulit. Salah satunya adalah menjaga elastisitas kulit, sehingga terlihat awet muda.

Isoflavon juga mengandung phytoestrogen, zat yang hampir sama dengan hormon estrogen. Karena itulah, isoflavon sering disebut sebagai pengganti alami estrogen atau fitoestrogen. Jika dikonsumsi secara teratur, kedelai dapat meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi efek penuaan dini.

Isoflavon merupakan estrogenik yang bermanfaat untuk meningkatkan hormon estrogen. Sehingga, asupan kedelai yang tinggi sangat bermanfaat bagi mereka yang sedang atau sudah menopause.

Khasiat isoflavon kedelai telah dibuktikan secara ilmiah. Sebuah penelitian yang melibatkan 26 wanita berusia 30-40 tahun telah menunjukkan bahwa konsumsi isoflavon selama tiga bulan dapat mencegah kulit keriput menjadi parah dan meningkatkan elastisitas kulit.

Selain mengurangi kerutan pada kulit dan merangsang pembentukan kolagen, kedelai juga memiliki manfaat lainnya, antara lain:

  • Meningkatkan metabolisme lemak, serta mengontrol berat badan.
  • Mengurangi produksi estrogen dalam tubuh selama menopause sehingga mampu menghambat laju penuaan dini.
  • Membantu mencegah Osteoporosis
  • Membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan dapat mengurangi risiko penyakit jantung.