Home > Hidup Sehat > 9 Tips Untuk Membantu Anda Berhenti Merokok

9 Tips Untuk Membantu Anda Berhenti Merokok

January 26, 2012

Semua orang tahu, merokok buruk bagi kesehatan, karena dapat menimbulkan berbagai penyakit dan masalah kesehatan seperti kanker paru-paru, penyakit jantung, dll.

Merokok tidak hanya membahayakan bagi perokok itu sendiri, tetapi juga orang yang menghirup asap rokok atau disebut perokok pasif. Baik perokok aktif maupun pasif akan memiliki efek negatif yang sama dari asap rokok.

Karena berbagai masalah kesehatan yang terkait dengan merokok, kebanyakan orang ingin untuk dapat berhenti merokok. Tapi karena kandungan nikotin pada rokok, hal itu sering lebih mudah diucapkan daripada dilakukan. Orang yang ingin berhenti merokok sering mengalami gejala penarikan (mental dan fisik), menyebabkan mereka sulit untuk tetap pada tujuan mereka untuk berhenti merokok sepenuhnya.

Bagaimana untuk Berhenti Merokok?

Berhenti merokok memang sulit tetapi jauh dari mustahil. Pada kenyataannya, banyak orang telah berhasil menghentikan kebiasaan tersebut, dan Anda benar-benar tidak memiliki alasan untuk tidak menjadi salah satu dari mereka. Berikut ada 9 tips yang dapat membantu Anda menghilangkan kebiasaan buruk tersebut:

  1. Berpikiran Positif
    Percayalah bahwa Anda akan mencapai hal ini. Bayangkan diri Anda sebagai seorang yang sehat dan bukan perokok.
  2. Buatlah daftar alasan untuk berhenti
    Hidup sehat, merasa senang, hemat uang, demi keluarga, dll. Simpan daftar ini di berbagai tempat untuk mengingatkan Anda akan manfaat dari berhenti merokok.
  3. Merencanakan kedepan
    Pikirkan situasi di mana Anda mungkin tergoda untuk merokok, seperti bar, kafe, atau restoran bahwa merokok. Cobalah untuk menghindari situasi ini atau cobalah duduk di bagian bukan perokok di restoran, meletakkan sesuatu di mulut anda seperti permen karet bebas gula, tusuk gigi, kayu manis, dll.
  4. Jaga lingkungan Anda agar tetap bersih dari rokok
    Hilangkan semua rokok, korek api, asbak dari lingkungan Anda. Pastikan gigi Anda bersih segera setelah Anda berhenti.
  5. Cari seseorang yang ingin berhenti merokok
    Cari perokok lain yang sedang mencoba untuk berhenti, dan saling membantu dengan kata-kata positif.
  6. Dapatkan Dukungan
    Tanyakan keluarga, teman, dan mitra untuk membantu Anda selama waktu ini. Hal ini terutama penting jika ada orang-orang adalah perokok. Meminta mereka tidak merokok di sekitar Anda.
  7. Minum banyak air
    Air baik untuk kesehatan, dan siapa saja bisa hidup tanpanya. Minum air dapat membantu membersihkan nikotin dan zat kimia lainnya dari tubuh Anda, juga dapat membantu mengurangi keinginan untuk merokok.
  8. Olahraga
    Olahraga adalah cara yang baik untuk menenangkan dorongan nikotin dan mencegah kenaikan berat badan. Mulailah berjalan kaki 3 atau 4 kali seminggu selama 30 sampai 40 menit. Hal ini dapat membantu mengurangi stres dan membantu tubuh Anda pulih dari kerusakan yang diakibatkan oleh rokok.
  9. Hadiahi diri anda
    Tentukan hadiah untuk rencana Anda. Hadiahi diri Anda sendiri setelah hari pertama, kedua, dan ketiga. Pilih hadiah yang paling Anda harapkan: buku, telepon, karaoke, perjalanan, makan malam di restoran favorit Anda, apa pun yang Anda mampu.

Jika Anda gagal, bangun dan coba lagi. Gagal sekali bukan berarti Anda tidak akan pernah bisa berhasil. Orang biasanya mencoba 2, 3 atau lebih sebelum akhirnya bisa berhenti. Belajar dari kesalahan Anda dan mulai lagi. Suatu hari Anda pasti akan dapat menghilangkan kebiasaan itu.

Sumber: 9 Best Tips To Help You Quit Smoking

Categories: Hidup Sehat Tags: ,
  1. No comments yet.
  1. January 28, 2012 at 1:05 pm
Comments are closed.