Home > Kanker Pankreas > Penyebab Kanker Pankreas dan Faktor Resikonya

Penyebab Kanker Pankreas dan Faktor Resikonya

February 1, 2012

Kanker pankreas adalah jenis kanker yang terjadi jika ada sel abnormal pada bagian kelenjar pankreas. Sel abnormal ini terus menyebar dan membentuk gumpalan jaringan yang disebut Tumor. Tumor ini dapat mengganggu fungsi utama dari pankreas. Yang lebih berbahaya adalah ketika tumor telah menyebar ke bagian lain dari tubuh dan tumbuh, dapat menyerang dan menghancurkan jaringan sehat. Proses ini disebut metastasis, dan menghasilkan kondisi yang lebih serius yang sulit untuk diobati.

Di Amerika Serikat, kanker pankreas adalah penyebab utama ketiga kematian terkait kanker pada wanita dan penyebab utama keempat kematian terkait kanker pada pria. Karena kanker ini biasanya didiagnosis pada stadium lanjut, tingkat kelangsungan hidup bagi pasien sangat kecil dibandingkan dengan jenis kanker lainnya.

Apa Penyebab Kanker Pankreas?

Hingga saat ini, peneliti medis belum menunjuk penyebab pasti dari kanker pankreas. Namun, beberapa ahli percaya bahwa ada beberapa faktor risiko terkait dengan kanker pankreas, termasuk usia, diet, kegemukan, riwayat keluarga, dan ras.

Beberapa faktor risiko seperti diet, kegemukan, dan merokok dapat dikontrol. Sementara beberapa, seperti usia, jenis kelamin dan riwayat keluarga tidak bisa.

Faktor resiko untuk Kanker Pankreas

  • Umur
    Risiko terkena kanker pankreas meningkat dengan usia. Kanker pankreas lebih cenderung pada orang di atas 60 tahun.
  • Merokok
    Merokok adalah salah satu penyebab utama kanker pankreas baik pada pria maupun wanita
  • Ras
    Studi telah menunjukkan bahwa kanker pankreas lebih sering terjadi pada populasi Afrika-Amerika daripada di populasi kulit putih.
  • Jenis kelamin
    Kanker pankreas lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita.
  • Riwayat keluarga
    Risiko untuk mengembangkan kanker pankreas akan meningkat jika Anda memiliki anggota keluarga dengan kanker pankreas.
  • Diabetes
    Diabetes adalah gejala dari kanker pankreas, dan orang tua yang menderita diabetes juga memiliki risiko lebih tinggi terkena kanker pankreas.
  • Kegemukan
    Obesitas telah diidentifikasi meningkatkan risiko kanker pankreas.
  • Diet
    Makanan tinggi kolesterol dan nitrosamin dapat meningkatkan risiko kanker pankreas, sedangkan diet tinggi buah-buahan dan sayuran mengurangi risiko.

Sumber: pancreatic cancer causes and risk factors