Home > Dampak Kesehatan > Penyebab dan Efek Samping dari Insomnia

Penyebab dan Efek Samping dari Insomnia

March 4, 2012

Insomnia adalah suatu kondisi dimana seseorang mengalami kurang tidur atau memiliki masalah tidur. Umumnya, orang tersebut merasa lelah pada hari berikutnya atau merasa seolah-olah ia tidak memiliki cukup tidur.

Insomnia dapat mempengaruhi siapa saja terutama pria dan wanita dewasa. Sekitar sepertiga dari populasi orang dewasa di dunia mengalami insomnia dalam hidup mereka.

Apa Penyebab Insomnia?

Insomnia dapat disebabkan oleh banyak faktor. Beberapa penyebab utama insomnia meliputi:

  • Obat dan zat tertentu: Ini termasuk, kafein, alkohol nikotin, dan obat-obatan seperti benzodiazepin, kokain, ekstasi, heroin, dll
  • Faktor Fisik: Insomnia dapat disebabkan oleh kondisi fisik yang mendasari, antara lain: Penyakit jantung, penyakit pernapasan, penyakit saraf, seperti penyakit Alzheimer atau penyakit Parkinson, masalah hormon, seperti estrogen, masalah otot, penyakit gastrointestinal, dan masalah genetik.
  • Faktor psikologis: Mengalami masalah kesehatan mental juga dapat mempengaruhi pola tidur anda, seperti stres, depresi, kecemasan, dll
  • Faktor-faktor lain: Tidur di samping pasangan mendengkur, parasit, dan menghamil.

Apa efek samping dari Insomnia?

Insomnia dapat memiliki efek fisik dan psikologis. Efek samping dari insomnia antara lain:

  • Gangguan fungsi mental
    Insomnia dapat mempengaruhi konsentrasi dan memori dan dapat mempengaruhi kemampuan seseorang untuk melakukan tugas sehari-hari.
  • Stres dan depresi
    Insomnia meningkatkan aktivitas hormon dan jalur di otak yang menyebabkan stres, dan perubahan pola tidur telah terbukti secara signifikan mempengaruhi suasana hati. Insomnia terus menerus dapat menjadi tanda kegelisahan dan depresi.
  • Sakit kepala
    Sakit kepala yang terjadi pada malam hari atau dini hari mungkin berhubungan dengan insomnia.
  • Penyakit jantung
    Sebuah studi menunjukkan bahwa orang dengan insomnia kronis mengalami tanda-tanda aktivitas jantung dan sistem saraf yang dapat menempatkan mereka pada risiko penyakit jantung.
  • Kecelakaan
    Penelitian telah menunjukkan bahwa insomnia memainkan peran utama dalam kecelakaan mobil. Setiap tahun, lebih dari 100.000 kecelakaan mobil di jalan raya disebabkan oleh kantuk atau insomnia.

Jika Anda menderita insomnia, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan untuk bisa tidur. Mempraktekkan kebiasaan tidur yang teratur, seperti tidur pada waktu yang sama setiap malam dan tidak tidur di siang hari, dapat membantu. Menjauhkan diri dari alkohol atau kafein sebelum tidur juga dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang baik.

Source: insomnia causes and side effects

%d bloggers like this: