Home > Alergi > 5 Cara Untuk Menghindari Alergi Makanan

5 Cara Untuk Menghindari Alergi Makanan

March 20, 2012

Alergi makanan adalah reaksi alergi terhadap makanan tertentu atau kelompok makanan.
Alergi makanan biasanya terjadi ketika sistem imunitas tubuh tubuh salah menganggap makanan sebagai zat beracun dan memproduksi antibodi untuk melawannya.

Ketika Anda mengkonsumsi makanan penyebab alergi, sistem kekebalan tubuh melepaskan zat kimia yang menyebabkan gejala seperti demam, pilek, gatal-gatal, bersin, dan muntah. Reaksi alergi yang parah dapat mengakibatkan kesulitan bernapas, tekanan darah rendah dan bahkan kematian.

Anak-anak yang menderita alergi makanan sering bisa mengatasi alergi mereka, tetapi tidak selalu – tergantung dari jenis makanan. Ada beberapa makanan yang mudah diatasi dibandingkan dengan makanan lain. Misalnya, kebanyakan anak yang alergi terhadap makanan seperti telur, susu, gandum, dan kacang tanah dapat mengatasi alergi mereka pada saat mereka berusia lima tahun. Sedangkan alergi makanan yang berkembang di kemudian hari seperti alergi terhadap ikan dan kerang tidak mungkin dapat diatasi.

Karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara mencegah reaksi alergi makanan. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menghidarinya dari kehidupan Anda.

  1. Hindari produk makanan alergi
    Cara terbaik untuk mencegah alergi makanan adalah dengan menghindari konsumsi makanan pemicu alergi.
  2. Hati-hati saat makan di restoran
    Pelayan restoran tidak selalu menyadari bahan menu tertentu atau bagaimana makanan tersebut disajikan. Sebagai contoh anda mungkin alergi terhadap kentang, tetapi kentang goreng mungkin disajikan dengan minyak kacang.
  3. Hati-hati terhadap kontaminasi silang
    Ketika makan di luar, kontaminasi silang selalu manjadi masalah. Tanyalah kepada pelayan atau koki bagaimana makanan tersebut disiapkan. Atau tanyakan apakah ada hidangan mereka dapat direkomendasikan untuk menghindari alergi makanan.
  4. Hati-hati dengan makanan kemasan
    Karena ada risiko kontaminasi silang ketika makan makanan yang dikemas dalam paket multi-jadi kita harus berhati-hati dengan pra-paket paket makanan seperti lunchables, dll
  5. Memahami gejala alergi
    Pelajari gejala-gejala alergi dan siap dengan injeksi epinefrin dan pelajari bagaimana menggunakannya.

Source: 5 easy ways to prevent food allergies

Categories: Alergi Tags: ,