Home > Kanker Prostat > Penyebab Kanker Prostat dan Faktor Resikonya

Penyebab Kanker Prostat dan Faktor Resikonya

March 23, 2012

Karena kanker adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel abnormal di bagian tertentu pada tubuh, maka kanker prostat adalah penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel abnormal dalam prostat.

Prostat adalah kelenjar, kenari kecil yang hanya ada pada pria. Terletak tepat di bawah kandung kemih dan di depan rektum di bagian bawah pinggul.

Kandung kemih berfungsi untuk menyimpan urin. Ketika kandung kemih kosong, urin keluar lewat tabung tipis yang disebut uretra ke penis dan kemudian keluar. Ketika prostat membesar, uretra tidak aktif terjepit, meninggalkan tabung yang lebih kecil untuk mengambil air seni dari kandung kemih ke luar tubuh melalui penis.

Kanker prostat pada umumnya adalah penyakit yang perkembangannya sangat lambat. Bahkan, banyak pria mati di usia tua, tanpa mengetahui bahwa mereka memiliki kanker prostat, sampai autopsi dilakukan. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa sekitar 80% dari semua pria berusia delapan puluh tahun memiliki kanker prostat ketika mereka meninggal, tapi tidak ada yang tahu, bahkan dokter.

Apa Penyebab Kanker Prostat?

Penyebab kanker prostat tidak diketahui secara pasti, namun ada beberapa faktor risiko terkait dengan kanker prostat, termasuk usia, pola makan, kegemukan, riwayat keluarga, genetika, kedokteran, dan ras.

Beberapa faktor risiko seperti pola makan, obesitas, dapat dikendalikan. Sementara yang lain, seperti riwayat keluarga, ras, tidak dapat diubah.

Beberapa faktor resiko dari kanker prostat antara lain:

  • Berusia diatas 65 tahun
  • Ras Afrika-Amerika
  • Memiliki anggota keluarga yang terkena kanker prostat
  • Kegemukan
  • Pola makan yang tidak sehat seperti banyak makan daging merah atau makanan berlemak tinggi dan jarang makan sayuran dan buah-buahan
  • Penggunaan Obat tertentu seperti obat anti-inflamasi

Source: prostate cancer causes and risk factors

Categories: Kanker Prostat
  1. No comments yet.
  1. April 3, 2012 at 3:41 pm
Comments are closed.