Home > Berita Kesehatan > Kenapa Pria Memiliki Memori Yang Buruk?

Kenapa Pria Memiliki Memori Yang Buruk?

May 6, 2012

Pria memiliki memori buruk seperti lupa hari ulang tahun mereka, lupa dimana meletakkan kunci, dll. Beberapa hal yang membuat seseorang mudah lupa seperti terlalu banyak informasi yang diterima oleh otak, adanya penyakit yang menyebabkan kondisi lupa atau lainnya .

Berdasarkan penelitian oleh Mayo Clinic di Rochester, Minnesota, dipresentasikan pada konferensi tahunan American Academy di Chicago mengatakan bahwa, laki-laki lebih cenderung memiliki masalah memori dan gangguan kognitif lainnya, terutama pria lanjut usia.

Rosebud Roberts, seorang ahli epidemiologi di Mayo Clinic mengatakan bahwa karena penurunan kognitif ringan, pria cenderung lebih mungkin memiliki masalah dengan memori, pengambilan keputusan, pemecahan masalah dan masalah bahasa seperti sulit menemukan kata yang tepat.

Secara umum, ada dua jenis memori:

  • Memori jangka pendek, yang berisi informasi tentang hal-hal yang melewati dan pikiran saat ini. Seseorang akan sangat fokus pada rincian pikiran saat ini.
  • Memori jangka panjang, yang berisi informasi yang tersimpan di otak dan biasanya berisi informasi di masa lalu. Jika seseorang mengalami sesuatu dalam 20 tahun terakhir, ia mungkin dapat mengingatnya tapi tidak bisa memberikan rincian.

Beberapa orang memiliki kemampuan luar biasa untuk mengingat dan seakan tak pernah melupakan apa pun sementara yang lain mudah lupa karena ketidakmampuan dari memori otak untuk menyimpan informasi dalam jangka panjang.

Namun, ada beberapa cara untuk meningkatkan memori dan mengurangi risiko penyakit Alzheimer, ini termasuk aktif secara fisik maupun mental, menghindari makanan berkolesterol, dan makan makanan yang sehat, seperti kubis Brussel, wortel, cranberry, terong, anggur, kentang manis dan sayuran hijau.

Source: Men Have Bad Memory

Categories: Berita Kesehatan Tags: ,