Home > Makanan Kesehatan > 20 Makanan Yang Meningkatkan Memori dan Fungsi Otak

20 Makanan Yang Meningkatkan Memori dan Fungsi Otak

August 6, 2012

Menjaga tubuh dan pikiran aktif melalui olahraga dan permainan puzzle seperti teka-teki silang dan sudoku adalah cara terbaik baik untuk meningkatkan memori. Tapi jangan lupa apa yang kita makan juga mempengaruhi kinerja otak kita. Nutrisi yang tepat akan meningkatkan kekuatan otak Anda untuk berpikir lebih cepat, lebih terorganisir, dan lebih aktif. Dengan memasukkan beberapa makanan di bawah ini kedalam menu Anda, benar-benar dapat membantu dalam menjaga memori Anda dalam kondisi baik dan berfungsi pada kapasitas penuh.

  1. Sayuran hijau
    Sayuran hijau seperti brokoli, kubis, kol, dan bayam kaya akan vitamin B6, B12, dan folat, yakni senyawa yang dibutuhkan oleh otak untuk memecah kadar homosistein yang dapat menyebabkan lupa dan bahkan penyakit Alzheimer. Sayuran ini juga tinggi akan zat besi dimana dapat mengurangi risiko mengalami penurunan kognitif dengan mengurangi stres oksidatif.
  2. Gandum utuh
    Gandum utuh dapat meningkatkan aliran darah yang membantu memberikan oksigen ke otak Anda secara maksimal.
  3. Alpukat
    Alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal yang merupakan salah satu lemak sehat yang diperlukan otak untuk berfungsi dengan baik.
  4. Telur
    Telur mengandung kolin, sejenis nutrisi yang berperan penting dalam produksi neurotransmitter dalam otak yang membantu mengatur mood, perilaku dan memori.
  5. Teh hijau
    Teh hijau menawarkan banyak manfaat kesehatan, termasuk meningkatkan memori. Komponen teh hijau, polifenol, khususnya flavonoid dapat menghambat kehilangan neuron dengan mengurangi produksi protein yang dapat berkembang menjadi plak dalam otak pasien Alzheimer.
  6. Bluberi
    Buah berwarna biru indah tidak hanya lezat tetapi juga dikemas dengan vitamin C dan serat makanan. Para peneliti menemukan bahwa diet yang mencakup blueberry secara signifikan meningkatkan kemampuan belajar dan fungsi memori.
  7. Ikan salmon
    Salmon merupakan sumber lemak omega-3 yang baik. Asam lemak ini diyakini penting untuk pengembangan fungsi otak. Asam lemak esensial tidak diproduksi oleh tubuh dan hanya dapat diperoleh dari makanan.
  8. Kacang almond
    Seperti ikan salmon, almond tinggi akan asam lemak omega-3. Mereka juga kaya akan antioksidan, termasuk vitamin E. Antioksidan dukung komunikasi sel otak sehat melalui neurotransmitter, dan meningkatkan sirkulasi darah sehingga memungkinkan Anda untuk tetap fokus.
  9. Biji bunga matahari
    Biji bunga matahari merupakan sumber vitamin E yang baik. Vitamin E merupakan salah satu antioksidan utama yang membantu mengurangi kehilangan memori karena penuan.
  10. Ubi jalar
    Ubi jalar sangat bergizi untuk otak. Mereka kaya akan karbohidrat, vitamin B6 dan antioksidan yang tidak hanya membersihkan darah, tetapi juga membantu untuk meningkatkan kekuatan otak secara signifikan.
  11. Kacang merah
    Kacang merah mengandung thiamin yang penting untuk fungsi kognitif karena dibutuhkan untuk mensintesis kolin.
  12. Apel
    Apel sangat kaya akan quercetin, antioksidan yang telah terbukti dapat melindungi terhadap penyakit Alzheimer. Selain membantu melindungi memori dan otak, apel juga telah terbukti dapat menurunkan risiko kanker.
  13. Cranberi
    Cranberi dapat melindungi sel otak dari kerusakan akibat radikal bebas. Buah ini juga menyediakan antioksidan yang diperlukan untuk menjaga tubuh tetap sehat dan bugar.
  14. Anggur
    Anggur hitam, ungu, dan merah semuanya mengandung quercetin dan antosianin, senyawa yang telah dikenal untuk membantu di bagian memori.
  15. Wortel
    Wortel merupakan sumber vitamin B, vitamin C, dan beta karoten, yang dapat memperlambat tanda-tanda penuaan dan berkaitan dengan peningkatan memori dan fungsi otak.
  16. Kedelai
    Protein yang terkandung dalam kedelai dapat memicu neurotransmitter yang terkait dengan peningkatan memori.
  17. Stroberi
    Antioksidan dalam stroberi dapat mencegah penurunan neurologis akibat penuan dengan meningkatkan kemampuan sel otak untuk mengirim dan menerima molekul sinyal untuk berkomunikasi.
  18. Biji labu
    Biji labu kaya akan nutrisi seperti vitamin A, vitamin E, dan seng. Zat seng yang terkandung dalam biji labu memainkan peran penting dalam meningkatkan memori dan fungsi otak.
  19. Terong
    Kulit terung mengandung gizi yang disebut nasunin dimana dapat mempertajam fungsi otak dengan meningkatkan komunikasi antar sel otak.
  20. Cokelat murni
    Cokelat murni memiliki antioksidan dan juga memiliki stimulan alami yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan fokus. Namun tidak semua coklat bisa, hanya cokelat berkualitas baik yaitu yang memiliki lebih dari 60 persen kakao.

source: 20 foods that improve memory and brain function