Home > Alzheimer > Penyebab Penyakit Alzheimer

Penyebab Penyakit Alzheimer

August 7, 2012

Penyakit Alzheimer adalah bentuk paling umum dari Demensia – gangguan otak yang mempengaruhi memori, pikiran dan perilaku. Orang dengan penyakit Alzheimer bisa mengalami kesulitan mengingat hal yang baru terjadi atau lupa nama-nama orang yang mereka kenal. Gejala ini terus memburuk dari waktu ke waktu. Tidak ada obat untuk mengobati penyakit Alzheimer, walaupun demikian ada cara untuk memperlambat perkembangan penyakit ini.

Orang yang berusia di atas 65 paling sering terkena penyakit Alzheimer, di mana satu dari sepuluh orang di atas usia 65 tahun memiliki penyakit Alzheimer. Meskipun demikian, penyakit Alzheimer juga dapat terjadi pada orang berusia 40 atau 50-an.

Apa penyebab penyakit Alzheimer?

Para ilmuwan masih mencoba untuk memahami penyebab penyakit Alzheimer. Penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini berhubungan dengan plak (endapan protein beta-amyloid yang terakumulasi dalam ruang antara sel saraf) dan kusut (deposito protein tau yang menumpuk dalam sel-sel saraf) di otak.

Faktor resiko lain dari penyakit Alzheimer adalah genetika. Para ilmuwan telah mengidentifikasi dua jenis gen yang terkait dengan resiko Alzheimer. Yang pertama, apoE 4, gen ini diduga meningkatkan kemungkinan perkembangan Alzheimer, namun tidak menjamin hal itu. Yang kedua adalah “gen deterministik”, lebih jarang daripada gen ApoE 4. Jika gen deterministik diwariskan, seseorang akan terkena Alzheimer, mungkin pada usia yang jauh lebih awal.

Selain usia dan genetik, penelitian telah menunjukkan bahwa mungkin ada penyebab potensial lain dari penyakit Alzheimer, seperti cedera kepala, diabetes dan penyakit jantung.

source: alzheimer’s disease causes and risk factors

  1. No comments yet.
  1. August 9, 2012 at 9:27 am
Comments are closed.