Home > Alzheimer > Gejala Penyakit Alzheimer

Gejala Penyakit Alzheimer

August 9, 2012

Gejala penyakit Alzheimer biasanya berkembang dari waktu ke waktu dan diyakini bahwa masalah memori jangka pendek adalah tanda-tanda awal penyakit Alzheimer, yang sering keliru dianggap gejala penuan.

Ketika penyakit berkembang, gejala termasuk masalah memori jangka panjang seperti kesulitan melakukan tugas-tugas rutin, masalah dengan mengingat kata-kata umum, perubahan kepribadian, kebingungan, dan depresi.

Durasi penyakit ini bervariasi tergantung pada keparahan kondisi dan dapat berkembang tanpa terdiagnosa selama bertahun-tahun. Rata-rata, orang hidup selama 8 sampai 10 tahun setelah diagnosis, tapi penyakit ini bisa berlangsung selama 20 tahun.

Untuk mendeteksi penyakit ini bisa dibilang gampang-gampang susah karena setiap pasien memiliki gejala yang berbeda. Beberapa gejala dari penyakit Alzheimer mungkin sama dengan gejala pada kondisi lain. Namun, gejala penyakit Alzheimer biasanya dapat diklasifikasikan menjadi beberapa tahap sebagai berikut:

Tahap awal
Beberapa gejala spesifik dari orang dengan penyakit Alzheimer di tahap awal meliputi:

  • Perubahan kepribadian atau suasana hati
  • Kesulitan mengelola uang dan membayar tagihan
  • Kehilangan sesuatu atau lupa tempat menyimpan mereka di tempat-tempat aneh
  • Mengucap hal yang sama secara berulang-ulang
  • Luangkan waktu lebih lama dari biasanya untuk menyelesaikan tugas-tugas rutin

Tahap sedang
Pada tahap ini, orang dengan Alzheimer masih bisa melakukan tugas-tugas sederhana secara mandiri, tetapi mungkin memerlukan bantuan dengan aktivitas yang lebih rumit. Mereka lupa peristiwa terakhir dan riwayat hidup mereka, dan menjadi lebih bingung.

Tahap akhir
Selama tahap akhir, orang tersebut bisa kehilangan kemampuan untuk menanggapi lingkungan mereka, tidak dapat berbicara, dan akhirnya tidak dapat bergerak. Mereka akan cenderung tidur dan kadang-kadang mendengus atau mengerang.

Dalam keadaan fisik lemah, pasien mungkin menjadi rentan terhadap penyakit lain, infeksi kulit, dan masalah pernapasan. Lamanya tahap ini tergantung pada kualitas perawatan pasien menerima, biasanya bisa berlangsung 1 sampai 3 tahun.

source: alzheimer’s disease symptoms