Home > Diabetes > Stres Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes

Stres Dapat Meningkatkan Kadar Gula Darah Pada Penderita Diabetes

August 27, 2012

Penting bagi penderita diabetes untuk mencegah stres, karena jika tidak hal ini dapat meningkatkan kadar glukosa darah Anda. Bagi penderita diabetes, mengatur kadar gula darah lewat makanan sehat saja tidak cukup, tetapi juga harus diikuti dengan menghindari stres.

Dalam banyak kasus, penderita diabetes memiliki kadar glukosa darah tinggi bahkan sudah minum obat secara teratur. Kondisi ini terjadi karena orang-orang ini mengalami stres atau depresi.

Menurut sebuah studi di American Journal of Endocrinology and Metabolism, hormon yang dilepaskan selama stres berkontribusi terhadap gula darah tinggi dengan langsung merangsang produksi glukosa dan mengganggu pembuangan jaringan glukosa.

Oleh karena itu, penting bagi penderita diabetes untuk mengetahui bagaimana untuk mengatasi stres. Salah satu cara terbaik untuk menghilangkan stres adalah dengan olahraga secara teratur.

Olahraga yang teratur tidak hanya membantu penderita diabetes untuk mengontrol kadar gula darah, tetapi juga membuat seseorang memiliki waktu untuk dirinya sendiri. Ini juga merupakan cara untuk mencegah dan mengatasi stres.

Beberapa cara lain yang juga efektif untuk mencegah stres adalah istirahat yang cukup, makan makanan yang sehat, serta berpikir optimis.

Source: stress may affects people with diabetes

Categories: Diabetes Tags: , ,