Home > Serangan Jantung > Golongan Darah O Dapat Melindungi Terhadap Serangan Jantung

Golongan Darah O Dapat Melindungi Terhadap Serangan Jantung

September 13, 2012

Serangan jantung bisa menyerang siapa saja. Namun, sebuah studi baru menunjukkan bahwa orang dengan golongan darah O cenderung lebih jarang terkena serangan jantung.

Para peneliti menemukan bahwa gen secara bersamaan dapat meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular, namun di sisi lain, mereka juga menemukan bahwa golongan darah O dapat melindungi arteri seseorang terhadap serangan jantung.

Dr Muredach P Reilly, seorang profesor kedokteran di Institut Kardiovaskular dari University of Pennsylvania, mengatakan, studi ini menunjukkan hubungan antara berbagai genetika dengan kesehatan jantung.

Dalam studi ini, tim Reilly membandingkan hampir 13.000 orang dengan penyakit jantung koroner dan 7.000 orang yang tidak memiliki kondisi tersebut.

Sementara itu, untuk mengidentifikasi gen-gen tertentu yang mungkin memainkan peran dalam serangan jantung, peneliti membandingkan sekitar 5800 orang dengan penyakit koroner yang mengalami serangan jantung dan 3600 orang dengan jantung koroner tetapi tidak mengalami serangan jantung.

Tim Reilly menemukan sebuah gen baru yang disebut ADAMTS7 yang berkaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Meski begitu, golongan darah O adalah hanya dapat melindungi terhadap serangan jantung, dan bukan untuk penyakit jantung lainnya seperti stroke.

Source: blood type O may protect against heart attack