Home > Tips Sehat > 7 Cara Mudah Meningkatkan Memori Otak

7 Cara Mudah Meningkatkan Memori Otak

September 24, 2012

Memori dapat didefinisikan sebagai kemampuan mental organisme untuk mempertahankan, menyimpan dan mengingat informasi. Seiring dengan bertambahnya usia, Anda akan merasa seperti memori Anda secara bertahap kehilangan kemampuannya untuk menyimpan informasi.

Meskipun ini adalah kejadian alami, tetapi ada beberapa cara sederhana yang dapat membantu Anda untuk lebih mudah mengingat dan juga meningkatkan fungsi otak Anda.

  1. Aktif secara fisik
    Menjadi aktif secara fisik tidak hanya membuat tubuh Anda sehat tetapi juga meningkatkan kekuatan otak Anda. Anda tidak perlu melakukan latihan berat atau olahraga, latihan sederhana seperti berjalan, berlari dan bersepeda dapat menjadi efektif untuk meningkatkan daya ingat dan fungsi otak.
  2. Aktif secara mental
    Sama seperti aktivitas fisik, aktivitas mental memainkan peran penting sebagai penambah memori juga. Latihan mental seperti teka-teki silang, bermain catur, membaca koran atau buku, dan belajar bahasa dapat mengurangi kehilangan memori.
  3. Makan makanan yang seimbang
    Diet seimbang yang kaya nutrisi otak, seperti Omega-3, Vitamin B Kompleks, dan antioksidan, yang membantu menjaga otak Anda dalam kondisi optimal. Anda bisa mendapatkan banyak manfaat dari buah-buahan dan sayuran karena mengandung banyak vitamin dan mineral yang bisa melindungi orang terhadap penyakit Alzheimer.
  4. Hirup aroma rumput
    Ahli saraf di Universitas Queensland, Brisbane, menemukan bahwa bau rumput segar memicu dua bagian otak, amigdala (yang berkaitan dengan emosi), dan hippocampus (yang berhubungan dengan memori). Hasilnya, menghirup aroma rumput segar dapat membantu menghilangkan stres dan meningkatkan memori.
  5. Mengunyah permen karet
    Percaya atau tidak, mengunyah permen karet memang bisa meningkatkan kewaspadaan dan meningkatkan memori Anda. Beberapa studi telah menunjukkan bahwa orang yang mengunyah permen karet selama tes pelajaran memberikan hasil yang lebih baik. Kondisi ini kemungkinan karena mengunyah permen karet dapat meningkatkan denyut jantung dan meningkatkan aliran darah ke otak.
  6. Kafein
    Beberapa studi yang dilakukan dalam 5 tahun terakhir menunjukkan kafein dapat meningkatkan memori jangka pendek dan melindungi perempuan dari kehilangan memori. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal, batasi pemakaiannya. Hal ini untuk menghindari efek samping dari kafein.
  7. Tidur yang cukup
    Tubuh Anda membutuhkan istirahat dari kerja keras seharian. Tidur sangat penting untuk mengembalikan fungsi tubuh Anda secara keseluruhan, termasuk otak Anda. Buatlah jadwal tidur yang konsisten dan rutin. Hal ini akan melatih Anda untuk tertidur dan bangun lebih mudah.

Source: simple ways to improve your memory

Categories: Tips Sehat Tags: ,