Home > Makanan Kesehatan > 10 Makanan Yang Meningkatkan Konsentrasi

10 Makanan Yang Meningkatkan Konsentrasi

October 1, 2012

Kita semua tahu bahwa konsentrasi sangat penting dalam kehidupan kita sehari-hari. Ini adalah salah satu faktor utama untuk sukses di semua bidang kehidupan.

Jika Anda menemukan bahwa Anda tidak dapat berkonsentrasi pada pekerjaan Anda, perlu diingat bahwa Anda tidak sendirian dalam masalah ini. Bahkan, ketidakmampuan untuk berkonsentrasi adalah masalah umum di antara orang di seluruh dunia.

Ada banyak metode untuk meningkatkan konsentrasi seperti meditasi dan melakukan yoga. Tapi jangan lupa apa yang kita makan juga mempengaruhi fungsi otak kita. Membuat pilihan yang tepat dalam diet benar-benar dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan meningkatkan kewaspadaan anda. Berikut adalah beberapa makanan yang dapat meningkatkan konsentrasi Anda.

  1. Kopi
    Kafein yang terkandung dalam kopi telah dikenal untuk meningkatkan kewaspadaan. Jutaan orang di seluruh dunia menikmati secangkir kopi setiap pagi karena mereka percaya bahwa kopi dapat meningkatkan konsentrasi mereka untuk tetap waspada di tempat kerja.
  2. Kuning telur
    Kolin pada kuning telur membantu meningkatkan memori. Mereka juga memiliki selenium, yang membantu meningkatkan mood seseorang. Beberapa dokter bahkan merekomendasikan wanita hamil makan telur lebih untuk membantu meningkatkan fungsi otak janinnya.
  3. Ginseng dan Ginkgo Biloba
    Ginseng dan Ginkgo Biloba adalah dua ramuan Cina yang paling terkenal yang dipercaya baik untuk konsentrasi dan fungsi memori. Menurut para ilmuwan, kombinasi dari kedua obat herbal secara signifikan dapat meningkatkan kekuatan otak. Para peneliti menunjukkan bahwa ginkgo biloba dapat meningkatkan konsentrasi, sementara ginseng mempertajam memori.
  4. Cranberry
    Penelitian terhadap hewan menunjukkan bahwa buah cranberry mengandung antioksidan yang tinggi yang dapat melindungi otak dari beberapa radikal bebas yang dapat menyebabkan hilangnya koordinasi dan memori.
  5. Ikan
    Ikan seperti tuna, salmon, mackerel merupakan sumber omega-3 yang baik yang secara langsung membantu meningkatkan aktivitas otak. Makan makanan tinggi omega-3 asam lemak telah menurunkan resiko stroke dan penyakit demensia. Dianjurkan untuk makan dua porsi ikan setiap minggu untuk menjaga kesehatan otak.
  6. Minyak Zaitun
    Minyak zaitun juga tinggi akan omega-3 yang membantu meningkatkan konsentrasi dan mendukung sistem tubuh secara keseluruhan.
  7. Ubi jalar
    Ubi jalar mengandung karbohidrat yang sehat yaitu sumber bahan bakar yang tidak menyebabkan lonjakan kadar gula. Ubi jalar juga kaya akan beta-karoten yang dapat meningkatkan fungsi kognitif.
  8. Tepung Haver
    Tepung Haver merupakan sumber karbohidrat yang sehat. Ia membantu menstabilkan kadar gula darah sehingga dapat menjaga konsentrasi anda.
  9. Daging domba
    Domba mengandung vitamin B12 dan zat besi, dua nutrisi penting bagi kesehatan otak. Kekurangan zat besi dapat mengakibatkan kinerja mental yang buruk dan kurangnya konsentrasi.
  10. Bayam
    Bayam kaya akan antioksidan dan mineral, dan merupakan salah satu sayuran yang kaya dengan zat besi yang dapat membantu meningkatkan konsentrasi dan mengurangi risiko terkena penyakit Alzheimer.

Source: top 10 foods that improve concentration

Categories: Makanan Kesehatan Tags: ,