Home > Perawatan Tubuh > 11 Cara Mudah untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman

11 Cara Mudah untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Aman

October 8, 2012

Semua orang ingin menurunkan berat badan dengan cepat, tetapi ketika melakukannya, banyak yang salah dan akhirnya malah merusak kesehatan mereka sendiri.

Umumnya, orang-orang yang mengikuti diet ketat dan latihan rutin harusnya kehilangan 1 sampai 2 pound seminggu. Ini merupakan penurunan berat badan yang ideal, dan apa pun di luar dari ini dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi tubuh. Oleh karena itu, alangkah baiknya untuk menurunkan berat badan dengan aman pula. Ini tidak terlalu sulit, terutama jika Anda disiplin dan fokus pada penurunan berat badan. Berikut adalah beberapa cara mudah untuk menurunkan berat badan dengan cepat dan aman:

  1. Tuliskan tujuan penurunan berat badan anda
    Untuk menurunkan berat badan, Anda harus mulai dengan menuliskan tujuan penurunan berat badan anda. Banyak orang mengabaikan langkah ini, dan itulah sebabnya mereka tidak melihat hasilnya bahkan setelah menempatkan begitu banyak usaha di dalamnya. Jadi, tuliskan tujuan Anda pada selembar kertas dan ikutinya.
  2. Ikuti diet seimbang
    Diet yang seimbang mengandung semua enam kelompok nutrisi, karbohidrat, protein, vitamin, mineral, serat dan lemak. Tubuh Anda membutuhkan semua nutrisi untuk menjaga fungsi tubuh dengan baik.
  3. Makan 5-6 kali sehari
    Tingkat metabolisme yang lambat tidak dapat membakar lemak yang disimpan dalam tubuh dengan cepat. Oleh karena itu, makanlah 5-6 porsi kecil sehari daripada tiga porsi besar.
  4. Makan lebih banyak sebelum siang
    Sebuah penelitian menunjukkan bahwa semakin banyak Anda makan di pagi hari, semakin sedikit Anda akan makan di malam hari. Selain itu, Anda akan mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk membakar kalori lebih awal daripada larut malam.
  5. Makan perlahan-lahan
    Telah ditemukan bahwa makan perlahan-lahan dapat membuat orang merasa kenyang meskipun dalam porsi yang kecil. Tanamkan kebiasaan. Nikmati setiap gigitan makanan dan dapatkan tubuh yang ramping.
  6. Makan makanan rumahan
    Kebanyakan orang lebih senang makan diluar. Tapi apakah Anda tahu bahwa Anda cenderung untuk memakai lebih banyak kalori dengan makan makanan di restoran? Yah, kita tidak hanya cenderung memilih makanan yang kaya kalori, tetapi juga cenderung makan dalam porsi yang lebih besar.
  7. Melewatkan makanan penutup
    Menurunkan berat badan bukan berarti anda tidak boleh makan dessert sama sekali. Anda masih bisa mencicipinya tetapi dalam porsi yang sangat kecil. Langkah-langkah kecil seperti lewatkan cokelat atau krim dapat membantu!
  8. Kurangi asupan sodium
    Retensi air adalah penyebab utama obesitas. Sodium memainkan peran utama dalam retensi air sehingga harus dikurangi asupannya.
  9. Latihan Kardiovaskular
    Latihan kardiovaskular seperti bersepeda, berlari, joging, dan berenang adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan. Menghabiskan setidaknya setengah jam pada salah satu dari aktivitas tersebut selama lima hari seminggu dan lihat perubahan dalam waktu satu bulan.
  10. Minum banyak air
    Minum setidaknya 8-10 gelas air per hari. Air menguntungkan tubuh Anda dalam beberapa hal. Ia membantu detoksifikasi tubuh, meningkatkan metabolisme, mengurangi retensi air dan yang paling penting, membuat Anda merasa kenyang, sehingga mengurangi asupan makanan.
  11. Tidur yang cukup
    Kebanyakan orang membutuhkan sekitar 8 sampai 9 jam tidur per malam. Mendapat waktu tidur yang cukup sangat penting untuk mengembalikan fungsi tubuh Anda secara keseluruhan. Jika Anda tidak mendapatkan cukup tidur, Anda memiliki kesempatan yang sangat sedikit untuk berhasil dalam menurunkan berat badan dengan cepat dan aman.

Source: 11 easy ways to lose weight fast and safely