Home > Serangan Jantung > Mengapa Pria Lebih Rentan Terhadap Serangan Jantung? Ini Alasannya!

Mengapa Pria Lebih Rentan Terhadap Serangan Jantung? Ini Alasannya!

October 13, 2012

Ketika berbicara tentang serangan jantung, pria umumnya dianggap lebih rentan dibandingkan wanita. Asumsi ini cukup masuk akal, karena pada usia tertentu, pria memiliki lebih banyak faktor risiko untuk masalah jantung.

Salah satu faktor yang menyebabkan pria lebih rentan terhadap serangan jantung adalah konsumsi garam yang berlebihan. Umumnya, pria mengkonsumsi garam lebih dari wanita, dan natrium dalam garam dapat meningkatkan tekanan darah serta risiko serangan jantung.

Sebuah survei di AS mengungkapkan bahwa pria mengkonsumsi 10 gram garam rata-rata per hari sementara wanita hanya 7 gram per hari. Sedangkan asupan natrium yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 2,4 gram atau sekitar 6 gram garam.

Survei tersebut juga mengungkapkan bahwa pria mendapat garam lebih banyak karena makan makanan cepat saji. Di antara hidangan tersebut yang memiliki rasa yang sangat kuat adalah keju burger, kentang goreng dan pizza.

Faktor lain yang menyebabkan pria lebih rentan terhadap serangan jantung adalah kondisi hormonal. Pada wanita yang sedang menstruasi teratur, jantung dan sistem peredaran darah dilindungi oleh hormon tertentu yang membuat mereka lebih kuat dan tidak mudah mengalami gangguan seperti pada pria.

Sebelum menopause, perempuan kurang rentan terhadap serangan jantung kecuali jika memiliki faktor risiko lainnya. Faktor risiko serangan jantung pada wanita usia subur termasuk diabetes dan kadar kolesterol di atas 260 mg.

Tetapi setelah menopause, perempuan cenderung lebih rentan terhadap serangan jantung daripada pria. Statistik menunjukkan bahwa orang-orang yang usia lebih dari 65 tahun, 56 persen dari kematian akibat serangan jantun terjadi pada wanita dan 44 persen sisanya terjadi pada pria.

Source: why men are more prone to heart attack

%d bloggers like this: