Home > Stroke > Perawatan Untuk Penyakit Stroke

Perawatan Untuk Penyakit Stroke

October 27, 2012

Perawatan untuk stroke bervariasi tergantung pada jenis stroke yang diderita pasien. Setelah seseorang diidentifikasi terkena stroke, dokter pertama akan mengkonfirmasi apakah stroke adalah stroke iskemik stroke atau hemoragik. Hal ini penting untuk diketahui mengingat perawatan awal untuk keduanya berbeda.

Perawatan untuk Stroke Iskemik

Tujuan perawatan Stroke iskemik adalah untuk melarutkan dan menghilangkan bekuan darah yang menghambat aliran darah ke otak. Perawatan yang paling umum untuk stroke iskemik meliputi:

Intravenous TPA
Intravena TPA adalah perawatan pertama untuk stroke iskemik. TPA disuntikkan ke dalam aliran darah melalui infus intravena. TPA bergerak dalam darah hingga mencapai bekuan penyebab stroke. Setelah tiba, ia memecahkan gumpalan darah sampai darah dapat mengalir ke otak.

Intra-arterial Trombolisis
Perawatan ini tergantung pada lokasi stroke di otak. Ini dapat diberikan hingga 6 jam setelah timbulnya gejala, terdiri dari injeksi TPA langsung ke area stroke.

Merci Retriever
Merci Retriever adalah cara perawatan baru untuk menghapus atau memecahkan gumpalan darah.

Perawatan untuk Stroke Hemorrhagic

Tujuan perawatan stroke hemorrhagic adalah untuk menghentikan pendarahan dan menghapus darah yang mungkin mengakibatkan pembengkakan dalam otak.

Berikut adalah dua penyebab umum dari stroke hemoragik dan cara perawatannya:

  • Aneurisma: Aneurisma adalah benjolan berupa balon di arteri yang disebabkan oleh melemahnya dinding arteri. Aneurisma biasanya pecah karena tekanan darah tinggi (hipertensi). Aneurisma memerlukan operasi otak untuk memperbaiki kerusakan pembuluh darah.
  • Pembuluh Darah Otak Abnormal: Contoh ini termasuk malformasi arteriovenosa dan malformasi cavernous. Biasanya mereka disebabkan oleh koneksi abnormal antara pembuluh darah yang menyebabkan mereka mengalami pendarahan di otak. Ketika ini terjadi, operasi diperlukan untuk menghilangkan pembuluh darah abnormal.

Source: stroke treatment