Home > Pengobatan > Minyak Ikan Dapat Mencegah Kehilangan Massa Otot Akibat Kemoterapi

Minyak Ikan Dapat Mencegah Kehilangan Massa Otot Akibat Kemoterapi

November 12, 2012

Pasien kanker sering mengalami kehilangan massa otot akibat efek samping dari kemoterapi. Untungnya, kondisi ini dapat dicegah dengan minyak ikan, sebuah suplemen yang dapat dibeli di mana saja.

Peneliti dari Universitas Alberta di Edmonton, Kanada menemukan bahwa kandungan omega-3 asam lemak dalam minyak ikan dapat mencegah kehilangan massa otot pada pasien kanker. Suplemen ini memang tidak menambah massa otot, namun dapat membantu mempertahankan massa otot selama kemoterapi.

Dalam studi tersebut, peneliti melibatkan 40 pasien dengan kanker paru-paru yang sedang menjalani kemoterapi. 16 pasien dari mereka diberi 2,2 gram suplemen minyak ikan per hari selama 10 minggu, sedangkan sisanya diberi perawatan standar.

Pada akhir pengamatan, para pasien menerima perawatan standar mengalami penurunan berat badan rata-rata 2,3 kg. Sedangkan, pasien yang menerima suplemen minyak ikan setiap hari mempertahankan berat badan mereka.

Mazurak dan tim nya mencatat bahwa minyak ikan dapat bermanfaat bagi pasien dengan kanker jenis lain dan penyakit kronis lainnya yang berhubungan dengan kekurangan gizi, serta orang lanjut usia yang beresiko untuk kehilangan otot. Namun, mereka mencatat bahwa hasil dari penelitian ini memerlukan verifikasi dalam uji acak yang lebih besar.

Source: fish oil may prevent muscle loss during chemotherapy