Home > Kanker Tiroid > Perawatan untuk Kanker Tiroid

Perawatan untuk Kanker Tiroid

January 12, 2013

Pilihan perawatan untuk kanker tiroid tergantung pada usia, jenis kanker tiroid, stadium kanker, dan kondisi kesehatan pasien secara keseluruhan.

Sebagian besar kasus kanker tiroid dapat disembuhkan dengan pengobatan bila terdeteksi dini.

Cara Perawatan untuk Kanker Tiroid

Ada lima cara perawatan yang tersedia untuk pasien dengan kanker tiroid: Operasi, pengobatan iodium radioaktif, terapi radiasi, terapi hormon, dan kemoterapi.

Operasi

Pembedahan adalah pengobatan yang paling umum untuk kanker tiroid. Hal ini digunakan untuk menghapus bagian dari kelenjar tiroid yang memiliki sel kanker.

Pengobatan iodine Radioaktif

Pengobatan ini sering juga disebut radioterapi internal yaitu menggunakan iodium radioaktif untuk membunuh sel-sel kanker dalam tubuh. Hal ini biasanya diberikan dalam bentuk tablet. Ketika zat iodium radioaktif masuk ke dalam tubuh, dia akan berjalan melalui aliran darah dan menghancurkan sel-sel kanker tiroid.

Pengobatan Radiasi

Pengobatan radiasi atau juga disebut radioterapi eksternal menggunakan energi sinar X tinggi untuk membunuh sel-sel kanker. Radiasi itu berasal dari mesin besar yang ditujukan langsung pada bagian dimana kanker tiroid berkembang. Metode ini biasanya digunakan untuk mengobati kanker tiroid stadium lanjut seperti kanker tiroid anaplastik dan meduler.

Untuk pengobatan radiasi, pasien biasanya akan pergi ke rumah sakit 5 hari seminggu selama beberapa minggu. Pengobatan radiasi juga dapat digunakan untuk mengurangi rasa sakit atau masalah lain.

Terapi Hormon

Terapi hormon digunakan untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker. Hal ini biasanya digunakan untuk mengobati folikel dan kanker tiroid papiler. Ketika seorang pasien mengambil pil hormon tiroid, tingkat pertumbuhan sel-sel kanker tiroid yang tersisa akan melambat dan dengan demikian menurunkan kemungkinan bahwa penyakit itu akan kembali.

Kemoterapi

Kemoterapi menggunakan obat-obatan untuk membunuh sel-sel kanker. Dokter dapat merekomendasikan kemoterapi yang diikut dengan operasi untuk membunuh sel-sel kanker jika sel-sel kanker telah menyebar ke seluruh tubuh.

Kemoterapi biasanya diberikan melalui suntikan ke pembuluh darah atau otot intravena. Untuk beberapa kasus, kemoterapi dapat dikombinasikan dengan pengobatan radiasi.

Source: thyroid cancer treatments